Pelindo III Bantu Modal Pengusaha Kalsel Rp 1,6 Miliar

26

30 Mei 2016

Banjarmasin  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyalurkan bantuan modal Program Kemitraan Rp 1,6 miliar kepada para pengusaha di Kalimantan Selatan. Penyaluran bantuan modal diberikan oleh GM Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana pada acara pelatihan enterpreneurship yang diikuti oleh 58 pengusaha mitra binaan Pelindo III di Banjarmasin, Senin (30/5). Dalam sambutannya, Hengki Jajang Herasmana menyampaikan bahwa penyaluran tahap I tahun 2016 tersebut merupakan hasil dari penyisihan laba perusahaan di tahun 2015 lalu.

“Penyaluran ini merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Sekaligus memberikan pelatihan enterpreneurship selama dua hari sebagai bagian dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo  III untuk warga sekitar Pelabuhan Banjarmasin,” ujarnya.

Dana yang disalurkan mencapai Rp 1,689 miliar dan disalurkan para mitra binaan dari berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Selatan, antara lain Banjarmasin 30 orang dengan jumlah penyaluran mencapai 889.000 juta, dan juga berbagai daerah seperti Banjarbaru, Martapura, Barabai, Rantau, Tanah Bumbu, Kapuas, dan Kotabaru. Hengki menjelaskan, pelatihan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan menambah bekal kewirausahaan kepada para mitra binaan agar nantinya dapat memanfaatkan dana yang disalurkan tersebut dengan baik untuk mengembangkan usahanya.

“Minimal kita tahu bagaimana cara mengelola keuangan, spirit kewirausahaan, strategi-strategi marketing, serta bagaimana memaksimalkan penggunaan media online yang saat ini menjamur untuk pemasaran produk dan pangsa pasar dan lain sebagainya,” ungkap Hengki.

Hengki juga berharap agar setelah pelatihan tersebut selesai, mitra binaan dapat mengembangkan produk-produk unggulan dari Kalimantan Selatan.

“Jangka waktu pengembalian dari pinjaman tersebut adalah 30 bulan. Enam bulan pertama cukup membayar bunganya, baru pada bulan ketujuh dan seterusnya, cicilan pokok dibayar sekaligus dengan bungannya,” jelasnya lagi.

“Kegiatan tersebut juga merupakan upaya untuk mendukung program kerja Pemerintah Kota Banjarmasin dalam mencetak 2.500 wirausahawan baru dalam jangka waktu lima tahun. Adapun penyaluran dana kemitraan tahap I tahun 2016 ini meliputi beberapa sektor seperti sektor perdagangan, industri, jasa, periknanan, peternakan, perkebunan dan pertanian,” tambah Hengki.

Tidak hanya kegiatan pelatihan kewirausahaan terhadap para mitra usaha, Pelindo III juga akan melaksanakan kegiatan pasar murah pada minggu kedua bulan Juni nanti, sebagai wujud komitmen sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar.

Source Pelindo III Bantu Modal Pengusaha Kalsel Rp 1,6 Miliar

Leave A Reply

Your email address will not be published.