Pelindo III Bangun Masjid dan Pondok Pesantren di Bima

17

20 April 2016

Bima  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III membangun sejumlah sarana ibadah di Bima, Nusa Tenggara Barat. Bantuan yang termasuk dalam Program Bina Lingkungan BUMN kepelabuhanan tersebut disampaikan secara simbolis oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto kepada Wali Kota Bima Qurais Abidin, di Kantor Pelindo III Cabang Bima, Rabu (20/4).

“Pelindo III sebagai BUMN pengelola Pelabuhan Bima yang menjadi gerbang logistik Pulau Sumbawa, turut membangun untuk masyarakat di sekitar wilayah kerjanya,” jelas Toto Heli Yanto.

Berdasarkan proposal usulan dari masyarakat yang sudah melalui proses evaluasi dan validasi, maka ada tujuh obyek bantuan pada kesempatan tersebut. Semuanya  merupakan sarana ibadah, yakni tiga masjid, dua musholla, satu pondok pesantren, dan satu Taman Pendidikan Al Quran. Bantuan yang sudah disalurkan oleh Pelindo III kepada masyarakat Kota Bima sejak tahun 2012 hingga sekarang telah mencapai Rp 1,6 miliar.

“Diharapkan ke depannya, Pelindo III tidak hanya bidang pendidikan dan keagamaan yang dibantu, tetapi juga bidang-bidang lain yang mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Kota Bima, seperti bidang ekonomi kreatif,” tambahnya.

Misalnya dengan mengembangkan kampung wisata yang komoditas utamanya berupa produk souvenir hasil kerajinan masyarakat setempat. Selain itu Pelindo III juga dapat memberikan pelatihan bagi masyarakat untuk pembuatan barang kerajinan.

“Dengan adanya program tersebut, perusahaan, khususnya BUMN, dapat memenuhi harapan pemerintah dalam meningkatkan perkembangan usaha kecil serta membuatnya semakin mandiri,” tambahnya lagi.

GM Pelindo III Bima Kadek Patria mengungkapkan komitmennya untuk mendukung program Pemerintah Kota Bima dalam menata wajah kota, khususnya terkait program “Kota Tepian Air”.

“Pelabuhan juga akan menjadi salah satu ikon kota tepian air, maka harus ditata. Saat ini yang sedang dikerjakan oleh Pelindo III ialah pembangunan terminal penumpang Pelabuhan Bima agar lebih layak dalam melayani masyarakat,” jelas Kadek Patria.

Dalam sambutannya, Qurais Abidin menyampaikan ucapan terima kasih.

“Pelindo III sudah sangat banyak membantu Kota Bima. Bantuan yang diberikan selama ini kiranya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan sebagaimana mestinya sesuai dengan pengajuan proposal awal. Terkait penerapan azas Good Corporate Governance (GCG), masyarakat penerima bantuan juga harus dapat memberikan laporan pertanggungjawaban atas penggunaan uang bantuan bina lingkungan tersebut,” tegasnya.

Pihaknya juga yakin jika bantuan Pelindo III dapat memberikan manfaat untuk pengembangan sarana/prasarana pendidikan, maupun ibadah, demi meningkatkan kualitas pendidikan dan keimanan masyarakat sekitar.

Source Pelindo III Bangun Masjid dan Pondok Pesantren di Bima

Leave A Reply

Your email address will not be published.