Pelindo III Bangun Dermaga Sepanjang 25 Meter

33

15 Januari 2015

Kalipuro – Untuk meningkatkan pelayanan bongkar-muat di Pelabuhan Tanjung Wangi, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tanjung Wangi akan membangun dermaga baru sepanjang 25 meter. Pihak Pelindo menyiapkan anggaran sekitar Rp 5,6 miliar untuk menambah fasilitas dermaga baru itu. General Manager Pelindo III Tanjung Wangi, Bangun Swastanto mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pelaksanaan pembangunan dermaga baru itu.

“Kami sudah melakukan proses lelang untuk pengerjaan proyek pembangunan dermaga,” ungkap Bangun. Dermaga yang akan bangun, kata Bangun, panjangnya 25 scale dan lebar 8 meter. Berbeda dengan fasilitas dermaga yang sudah ada, dermaga baru itu akan dilengkapi rel untuk crane. “Kita bangun rel untuk Crane dalam rangka menggenjot sistem bongkar-muat menggunakan peti kemas,” kata Bangun.

Jika aktivitas bongkar-muat menggunakan peti kemas berhasil di maksimalkan, kegiatan bongkar-muat akan berjalan efektif dan bisa menghemat waktu kapal bersandar. Sementara itu, kapal dengan muatan sekitar 35 ribu ton bisa menghabiskan waktu sekitar 18 hari untuk melakukan aktivitas bongkar-muat. “Itu belum memperhitungkan cuaca buruk. Kalau hujan, aktivitas bongkar-muat bisa lebih dari tiga minggu,” terang Bangun.

Perlu diketahui, saat ini Pelabuhan Tanjung Wangi memiliki dermaga sepanjang 518 scale dan mampu menampung tujuh kapal berukuran kecil. “Kalau kapal berukuran 160 scale atau lebih, hanya bisa digunakan sandar empat kapal,” jelas Bangun. Penambahan panjang dermaga itu diharapkan bisa menambah jumlah kapal yang melakukan aktivitas bongkar muat. Namun, kapal kargo Caraka Jaya III-16 milik PT  Isa Lines yang masih dibiarkan karam di kawasan pelabuhan menjadi salah satu kendala pembangunan dermaga batu.

Source Pelindo III Bangun Dermaga Sepanjang 25 Meter

Leave A Reply

Your email address will not be published.