Pelindo III Ajak Pelajar Mengenal Dunia Kepelabuhanan

24

01 Maret 2016

Cilacap – Pendidikan merupakan faktor penting bagi kelangsungan kehidupan bangsa dan faktor pendukung yang memegang peranan penting di seluruh sektor kehidupan, sebab kualitas kehidupan suatu bangsa sangat erat dengan tingkat pendidikan. Untuk itulah PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) berusaha mengenalkan dunia kepelabuhanan dari mulai usia dini sampai ke tingkat perguruan tinggi melalui program kunjungan lapangan ke Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (1/3).

Program kunjungan lapangan yang diikuti oleh 50 orang siswa-siswi  kelas V dari Sekolah Dasar  SDIT Ath-Thoriq Gombong dilaksanakan pagi hari. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan dari rombongan mahasiswa Fakultas Teknik dari Universitas Galuh Ciamis pada siang harinya. Kedua kunjungan berlangsung dengan tertib dan penuh semangat. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta yang sudah menyiapkan serangkaian pertanyaan tertulis mengenai fungsi dan fasilitas yang dimiliki oleh Pelabuhan Tanjung Intan.

“Pelindo III sangat terbuka dan menyambut positif setiap kegiatan kunjungan lapangan yang dilakukan oleh institusi pendidikan. Pelindo III sebagai salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan, selalu memberi kesempatan kepada para pelajar dan mahasiwa untuk bisa belajar dari perusahaan, sebagai salah satu tempat untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari serta untuk melihat secara langsung aktivitas yang ada di Pelabuhan Tanjung Intan,” kata Supervisor Pengamanan dan PBK Pelabuhan Tanjung Intan, Ferry Christianto saat membuka acara kunjungan tersebut.

Ferry menambahkan, kegiatan pembelajaran ini diharapkan dapat membangkitkan kecintaan terhadap dunia maritim sekaligus menambah pengetahuan, pengalaman dan dan wawasan tentang peran dan fungsi kepelabuhanan dalam dunia logistik yang sejalan dengan dengan Program Tol Laut Jokowi yang mengedepankan perihal dunia kemaritiman.

Senada dengan Ferry, Dosen Pendamping dari Fakultas Teknik Universitas Galuh, Uu Saepudin serta perwakilan guru SD dari SDIT Ath-Thoriq Gombong, Supriyani menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pelindo III atas penerimaan dan pendampingan selama kunjungan untuk memperoleh ilmu dan wawasan secara nyata dari bisnis kepelabuhanan. Agenda kunjungan diakhiri dengan diskusi tanya jawab dan selanjutnya rombongan berkesempatan berkunjung langsung ke lapangan, untuk melihat fasilitas pelabuhan, kegiatan bongkar muat barang ekspor impor maupun antarpulau, alat bongkar muat, gudang, serta lapangan penumpukan.

Source Pelindo III Ajak Pelajar Mengenal Dunia Kepelabuhanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.