Pelindo I Tingkatkan Layanan Melalui Fasilitas Car Terminal

19

10 Maret 2018 — Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak disektor kepelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I telah mengoperasikan penggunaan car terminal untuk kegiatan bongkar muat mobil yang berada di Pelabuhan Belawan.

Terminal khusus mobil ini terletak di area eks dermaga 004 Pelabuhan Belawan Lama dan menjadi pintu gerbang masuknya mobil-mobil baru dari Jakarta.

Fiona Sari Utami selaku ACS Humas Pelindo 1 mengatakan car terminal yang dibangun tahun 2017 ini merupakan jawaban atas kebutuhan para pengguna jasa yang setiap bulan rutin mendatangkan ratusan unit mobil baru dari Jakarta.

“Dengan adanya car terminal ini akan mempercepat kegiatan bongkar muat mobil yang selama ini dilakukan melalui dermaga konvensional,” jelasnya.

Pembangunan car terminal ini juga  untuk memenuhi kenaikan bongkar muat mobil setiap tahunnya melalui Pelabuhan Belawan. Pada tahun 2016, Pelabuhan Belawan melayani bongkar muat mobil sebanyak 55.020 unit dan meningkat sebesar 23% di tahun 2017 atau sebanyak 68.031 unit.

“Hingga bulan Februari 2018, bongkar muat mobil melalui Pelabuhan Belawan mencapai 6.017 unit, dengan rata-rata kunjungan kapal 12 (dua belas) call tiap bulannya,” jelas Fiona.

Car terminal ini memiliki kapasitas sampai dengan 880 unit mobil dan bangunan seluas 3.600 m2. Car Terminal Pelabuhan Belawan sudah rampung semua dan siap untuk menampung distribusi mobil dari Jakarta. Ke depan, Pelindo I akan terus meningkatkan fasilitas maupun sistem bongkar muat di Car Terminal ini, sehingga dapat memberikan layanan yang maksimal bagi para pengguna jasa,” kata Fiona.

Source Pelindo I Tingkatkan Layanan Melalui Fasilitas Car Terminal

Leave A Reply

Your email address will not be published.