Pelindo I Tanjungpinang Launching E-Pass Pelabuhan, Pertama di Indonesia

41

8 Juni 2018 —  Meningkatkan kenyamanan penumpang saat melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Pelindo I mulai berlakukan transaksi non tunai untuk transaksi pass masuk pelabuhan.

Pemberlakuan transaksi non tunai, atau e-Pass menurut Manajer Umum PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, Wayan Wirawan akan disosialisasikan terlebih dulu selama satu bulan ke depan. Dia pun mengatakan, ini merupakan program pertama di Indonesia yang dicetuskan Pelindo I Tanjungpinang.

“E-Pass ini adalah pass pelabuhan yang dulunya pakai kertas, sekarang kita buat non tunai menggunakan kartu E-Pass. Ini akan disosialisasikan dulu selama satu bulan,” kata GM Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan, Jumat (8/6/2018).

Selama sebulan kedepan, sambungnya, pihak Pelindo akan berlakukan dua sistem, e-Pass dan transaksi tunai seperti biasanya. Sehingga satu bulan ke depan, manajemen pelabuhan akan melangsungkan edukasi kepada masyarakat, terkait uang eletronik ini.

Wayan menuturkan, transaksi non-tunai akan meningkatkan kenyamanan penumpang. Dikarenakan efektif dan transparan. “Costnya juga lebih efisien, sehingga bisa konsentrasi ke pelayanan,” tuturnya.

Sementara masa sosialisasi akan berlangsung sampai dengan 15 Juli. Lalu penerapan transaksi non tunai untul pas masuk pelabuhan, akan diwajibkan kepada seluruh penumpang kapal via SBP. Dan pemberlakuan e-Pass diterapkan pada seluruh terminal. Dalam maupun luar negeri.

Wayan menuturkan Pelindo menggandeng empat bank untuk bekerja sama. Yakni BNI, BRI, BCA dan Mandiri. Yang ke depannya akan dikembangkan ke bank-bank lainnya. Sehingga untuk pembelian saldo, dapat dilakukan di loket pembelian di pelabuhan. Atau pun di ATM.

Pengisian saldo dapat dilakukan, dengan nilai minimum Rp 10 ribu tanpa biaya transaksi.

Source Pelindo I Tanjungpinang Launching E-Pass Pelabuhan, Pertama di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.