Pelindo I Tanjungpinang Bagikan 2.000 e-Money

20

5 Juli 2018 — PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Tanungpinang mendorong transaksi nontunai. Sebanyak 2.000 keping uang elektronik atau e-Money dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Pembagian e-Money berlangsung di Terminal Penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang.

General Manager Pelindo I Cabang Tanjungpinang I Wayan Wirawan menjelaskan, pembagian e-Money merupakan upaya untuk mendukung transaksi elektronik yang diterapkan di Pelabuhan Sri Bintan Pura. Juni lalu telah dilakukan soft launching pemberlakuan sistem transaksi elektronik e-pass untuk pembayaran masuk pelabuhan.

Sistem itu merupakan pilot project transaksi nontunai yang pertama kali diterapkan di seluruh pelabuhan di Indonesia. “Untuk menggunakan kartu e-Money, masyarakat cukup menempelkan kartu ke mesin yang tersedia. Maka secara otomatis kertas pas masuk pelabuhan keluar dari mesin,” kata Wayan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/7).

Pelindo I juga segera menerapkan e-Parking, e-Ticket dan distribusi pembayaran elektronik lainnya. Hal itu untuk mewujudkan Terminal Penumpang Sri Bintan Pura menjadi smart terminal.

Asisten Corporate Secretary (ACS) Humas Pelindo I Fiona Sari Utami menambahkan, sistem transaksi elektronik di Terminal Penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura mendorong perusahaan untuk melakukan modernisasi. Yakni dengan melakukan digitalisasi layanan pada setiap pelabuhan.

Sebelumnya, Pelindo I telah mwlakukan inovasi di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura. Ketika itu, perseroan menerapkan sistem e-Berthing yang digunakan untuk pelayanan tambatan kapal secara online. Layanan itu bisa diakses dengan menggunakan smartphone.

“Penerapan e-Money menjadi langkah untuk modernisasi pelabuhan yang nantinya menjadi standar terminal penumpang yang berada di seluruh wilayah operasional Pelindo I,” papar Fiona.

Source Pelindo I Tanjungpinang Bagikan 2.000 e-Money

Leave A Reply

Your email address will not be published.