Pelindo I Bidik Laba Bersih Rp1 Triliun di 2018

24

22 Desember 2017 — ​Jakarta, PT Pelindo I (Persero) membidik laba bersih yang cukup positif sebesar Rp1 triliun di 2018 dengan target pendapatan bisa mencapai Rp3 triliun. Target laba tersebut mengalami peningkatan dari porsi tahun ini.

“Tahun depan Rp3 triliun di 2018. Net income bisa tembus Rp1 triliun kalau untuk tahun ini, pendapatan Rp2,7 triliun. Kemudian laba usaha Rp1 triliun, jadi tinggal dikurangi pajaknya saja, lalu akan dapat angka laba bersih tahun ini,” tutur Direktur Utama Pelindo I‎ Bambang Eka Cahyana‎, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2017.

Demi memuluskan langkah target kinerja perseroan di tahun depan, sambung dia, perseroan mengalokasikan dana investasi Rp7,6 triliun. Dana itu bisa digunakan perseroan untuk berbagai macam hal. Adapun dana investasi tersebut akan didapatkan perseroan dari proses sekuritisasi aset, penerbitan surat utang (obligasi), pendanaan dari investor strategis, dan pinjaman perbankan.

“Kami bisa sekuritisasi future income. Kami bisa obligasi, ada juga dari equity funding, terakhir bisa dari commercial loan,” kata Bambang.

Menurut dia, dari proses sekuritisasi aset tersebut perseroan akan mendapatkan dana segar Rp1 triliun. Aset Pelindo I yang berpeluang di sekuritisasi aset, yakni Pelabuhan Belawan. Nantinya, terminal petikemas Belawan dan terminal multipurpose Belawan yang diproyeksikan bisa di sekuritisasi aset.

“Dari salah satu terminal, bisa meraup pendapatan Rp500 miliar. Pendapatan selama lima tahun ke depan, inilah yang bakal menjadi aset dasar sekuritisasi,” tutur Bambang.

Bambang menambahkan, target bisnis yang semakin positif di tahun depan, dikarenakan harga komoditas yang sedang membaik. Alhasil, volume angkut di pelabuhan yang dimiliki perseroan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“‎Kalau untuk tahun depan optimistis, mayoritas sebetulnya volume barang yang ada di Pelindo 1, yakni aktivitas untuk angkut crude palm oil (CPO) dan turunannya. Volumenya baik. Rata-rata volume kegiatan 10 persen kenaikannya, itu cukup bagus di tengah situasi seperti ini,” tukas Bambang

Source Pelindo I Bidik Laba Bersih Rp1 Triliun di 2018

Leave A Reply

Your email address will not be published.