Pelindo akan Kembangkan Industri Perikanan di Tegal

27

10 Februari 2015

Tegal – Hasil pembicaraan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal dengan PT Pelindo III (Persero) membuahkan rencana kerjasama pengembangan Pelabuhan Kota Tegal. Pengembangan ditujukan untuk Industri Perikanan pertama di Indonesia. “Di Tegal bukan sekedar pelabuhan tetapi dikembangkan menjadi industri perikanan yang pertama di Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Pelindo III (Persero) Djarwo Surjanto saat diterima Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno di Pringgitan Rumah Dinas Walikota Tegal, Senin (09/2/2015).

Djarwo Surjanto bersama istri didampingi Direktur Utama PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III, Putut Sri Muljanto, Manager Kawasan Pelabuhan Tegal, Amarto Sugeng Basuki dan Kepala Kantor KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhan) Tegal, Agus Afiriyanto dan jajaran PT Pelindo III (Persero). Sementara Walikota Tegal didampingi Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, dan Kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal. Sebelumnya Djarwo dan jajaran pada Minggu (8/2) kemarin telah melakukan kunjungan ke pelabuhan Kota Tegal.

“Rencana pengembangan pelabuhan akan menjadi kesepakatan kedepan seperti apa. Jadi kita masih perlu mengumpulkan informasi-informasi upaya pengembangannya sehingga betul-betul memenuhi kebutuhan Kota Tegal. Industri perikanan seperti apa yang nanti cocok dikembangkan di Kota Tegal, termasuk teknologinya seperti apa,” ungkap Djarwo. Djarwo menyatakan tahun ini akan segera diambil langkah-langkah percepatan. Dalam 20 hari setelah pertemuan, kata dia, sudah ada pembentukan tim antara Pemkot Tegal dan Pelindo serta telah melaksanakan study banding atau kunjungan kerja ke tempat industri perikanan sebagai referensi.

Langkah selanjutnya tim akan melakukan review master plan atau Rencana Induk Pelabuhan (RIP), melakukan kajian Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan study kelayakan. Selain itu, disarankan Djarwo, tim dapat berkoodinasi dengan kementerian terkait. Seperti Kementerian Kemaritiman yang membawahi Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Perhubungan.

“Dalam satu tahun ke depan bisa dilaksanakan pembangunan fisik dan 2-3 tahun sudah bisa terbangun,” jelas Djarwo optimis. Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno usai pertemuan menyatakan Pemkot Tegal akan mengadakan kerjasama memanfaatkan lahan Pelindo. “Ada sentra industri untuk perikanan. Kita akan telaah bentuk kerjasamanya. Terpenting akan ada kerja sama yang baik untuk pengembangan pelabuhan terkait peningkatan dan optimalisi ekonomi daerah,” paparnya.

Source Pelindo akan Kembangkan Industri Perikanan di Tegal

Leave A Reply

Your email address will not be published.