Pelindo 1, perluasan Pelabuhan Sibolga sudah 75 persen

15

8 Juni 2018 — PT Pelindo Cabang Sibolga, Sumatera Utara, mengatakan bahwa pengerjaan proyek perluasan terminal penumpang dan dermaga Pelabuhan Sibolga sudah 75 persen. “Kami dari Pelindo Cabang Sibolga hanya selaku pemantau atau melakukan pengawasan perkembangan pembangunannya, karena proyek ini langsung di bawah naungan PT Pelindo I Belawan,” kata Manager Bisnis dan Teknik PT Pelindo Cabang Sibolga, Irvan, pertengahan pekan ini.

Ia mengatakan, proyek di Pelabuhan Sibolga ada dua yaitu perluasan terminal penumpang dan dermaga. Pengerjaan dua proyek itu kini kurang lebih sudah mencapai 75 persen.

Pelabuhan lama, katanya, tetap akan dipakai. Hanya, di bagian dermaga ada pelebaran dan pemanjangan sekitar 50 meter, dan pelebaran sekitar 30 meter.

Di sisi sebelah kanan pelabuhan sedang dibangun untuk dermaga kapal penumpang “ro-ro” yang akan disambungkan dengan terminal penumpang, sehingga nanti tidak terjadi penumpukan arus penumpang dna barang.

Diharapkan dengan fasilitas tersebut kapal-kapal akan mengunjungi Pelabuhan Sibolga sehingga berdampak positif bagi perkembangan kehidupan sosial, ekonomi masyarakat dan kawasan penyangga mulai dari Kabupaten Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Nias, dan Tapanuli Utara.

“Sibolga ini adalah pintu gerbang yang sangat potensial bagi kawasan hinterland. Peningkatan perekonomian akan seiring dengan kehadiran pelabuhan ini karena transportasi ekonomi saat ini dominan melalui laut,” katanya.

Source Pelindo 1, perluasan Pelabuhan Sibolga sudah 75 persen

Leave A Reply

Your email address will not be published.