Pelatihan Customer Service Excellence di Pelabuhan Gresik

11

11 Mei 2016

Gresik – Bersikap positif dalam setiap interaksi dengan pelanggan, mengenali kebutuhan pelanggan sehingga pelanggan menjadi ‘agen’ promosi atas layanan perusahaan merupakan beberapa hal penting dalam memberikan pelayanan prima. Hal tersebut disampaikan oleh Mustika Aksa selaku instruktur Pelatihan Customer Service Excellence (CSE) di Kantor Pelindo III Cabang Gresik, Rabu (11/5).

Pemberian dan pendalaman teori diberikan pada hari pertama dan untuk hari kedua langsung praktik kepada pengguna jasa, sehingga peserta bisa langsung mengaplikasikan apa yang telah didapatnya dari pelatihan. Peserta diharapkan melaksanakan pelayanan prima berdasarkan konsep diri dalam menyajikan sikap memberikan perhatian juga memahami pengetahuan produknya serta prosedur pelayanan sehingga adanya komunikasi yang baik di dalam pelayananannya, tambah Mustika

Manager SDM, Umum dan Kesisteman Pelindo III Gresik, Haris Budiarto, pada kegiatan tersebut menyebutkan bahwa tujuan pelatihan ialah agar pelayanan prima tidak hanya dipelajari secara teori, tetapi juga dipraktikkan ketika menghadapi konsumen.

“Apalagi Pelindo III bergerak di bidang jasa, jelas akan bermanfaat dalam menghadapi pengguna jasa. Sekecil apapun sikap kita dalam melayani pengguna jasa itu akan membawa pengaruh ke depannya”, ujarnya

Lebih lanjut Haris Budiarto menjelaskan bahwa pelatihan tersebut menunjang kebutuhan Pelindo III yang menerapkam budaya perusahaan berupa CCI (Customer Focus, Care, dan Integrity) dalam bekerja.

“Selain itu, pelatihan pelayanan prima kepada pelanggan ini memberikan dampak positif kepada perusahaan seperti meningkatkan citra, efektivitas, dan efisiensi kerja, meningkatkan hubungan bisnis jangka panjang serta menciptakan superstar pelayanan,” tambahnya.

In-house training service excellence selama dua hari tersebut diikuti oleh sepuluh peserta yang merupakan karyawan dari Divisi Keuangan, Divisi Operasional dan Komersial, Divisi Teknik, Divisi Pelayanan Terminal, Divisi SDM, Umum, dan Kesisteman. Menurut Putriani Dewi, salah satu peserta dari Divisi Operasional dan Komersial, mengatakan, pelatihan ini memberikan pengetahuan baginya terkait cara berkomunikasi dan bersikap dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa.

“Pelatihan ini sangat penting, apalagi kami yang bertugas di Divisi Operasional dan Komersial sebagai garda depan dalam melakukan pelayanan,” ungkapnya.

Source Pelatihan Customer Service Excellence di Pelabuhan Gresik

Leave A Reply

Your email address will not be published.