Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Pemuda-Pemudi Di Kek Pariwisata Mandalika

27

14 November 2017

Dalam rangka mendukung usaha pembangunan KEK Pariwisata Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Pemuda dan Pemudi di KEK Pariwisata Mandalika.  Kegiatan pelatihan yang akan berlangsung selama tiga bulan dan memberikan sertifikat kepada para pesertanya ini, dibuka pada 7 November 2017 dan memulai kelas pelatihan pada 13 November 2017.  Untuk gelombang perta, peserta berasal dari Desa Kuta, salah satu desa penyangga KEK Pariwisata Mandalika, berjumlah 30 orang.

Direktur Strategi Korporasi dan Keuangan ITDC, yang merupakan Pembina Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ITDC Jatmiko K. Santosa mengatakan, “Dalam mengembangkan dan mengelola KEK Pariwisata Mandalika, ITDC tidak hanya fokus kepada pembangunan dan penataan fisik, tetapi juga pembangunan kualitas masyarakat di dalam kawasan sebagai pelaku wisata.  Selain telah menjadi komitmen kami, hal ini juga sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo saat peresmian beroperasinya KEK 20 Oktober lalu, yaitu untuk selalu melibatkan masyarakat dalam pembangunan industri pariwisata di tempat ini. Paralel dengan proses pembangunan konstruksi yang ada di lapangan saat ini, ITDC juga berusaha menyiapkan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya diharapkan dapat bekerja di dalam kawasan saat kawasan sudah terbangun nanti.”

Pemuda dan pemudi yang ada di desa-desa penyangga KEK Pariwisata Mandalika merupakan masa depan bagi pertumbuhan industri pariwisata di kawasan ini.   “Dengan keterampilan bahasa Inggris yang memadai, kami berharap para pemuda pemudi ini dapat berpartisipasi dalam pembangunan the Mandalika dan menjadi bagian dari pertumbuhan industri pariwisata di kawasan ini.  Apakah sebagai tenaga kerja di hotel, convention centre, golf course, theme park, street race circuit, dan berbagai fasilitas pariwisata yang akan dibangun di tempat ini, maupun sebagai pencipta peluang kerja baru, misalnya dengan membangun biro atau agen perjalanan, sebagai tour guide, dan lain sebagainya,” tambah Jatmiko.

Kegiatan Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Pemuda dan Pemudi di Desa Kuta diadakan setiap 3 kali seminggu yaitu setiap hari Senin-Rabu. Tenaga pengajar merupakan tenaga pengajar lokal yang berdomisili di Desa Kuta, sehingga memudahkan proses pembelajaran para peserta. Materi yang diajarkan adalah cara berbicara, menulis, mendengar, dan membaca kosa kata serta kalimat dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan tema kepariwisataan. Para peserta diharapkan mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara lancar setelah selesai mengikuti pelatihan ini.

Selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, pelatihan ini juga diselenggarakan untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan KEK Pariwisata Mandalika ke depannya.  Melalui pelatihan ini diharapkan ada keinginan dari para pemuda sendiri untuk belajar bahasa Inggris tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Bahasa Inggris ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan CSR Weeks yang dilaksanakan ITDC dalam merayakan HUT Perseroan ke-44. Kegiatan lain yang menjadi bagian dari CSR Weeks HUT 44 ITDC di antaranya adalah Workshop Wawasan Industri Pariwisata Bagi Guru dan Pemuda di KEK Pariwisata Mandalika ke the Nusa Dua, Pelatihan Sadar Wisata Bagi Pedagang Asongan di KEK Pariwisata Mandalika, dan Sertifikasi Tukang Konstruksi di KEK Pariwisata Mandalika.

Source Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Pemuda-Pemudi Di Kek Pariwisata Mandalika

Leave A Reply

Your email address will not be published.