Pelabuhan Benoa Siap Berubah Jadi Pelabuhan Marina

30

10 Februari 2015

Denpasar  – Tahun 2018, Pelabuhan Benoa Bali siap berubah menjadi Pelabuhan Marina. Pelabuhan pariwisata itu, pengerjaannya membutuhkan waktu selama 18 bulan. “Rancangan pelabuhan Benoa jadi pelabuhan marina untuk pariwisata sudah dirancang sejak 3 tahun lalu. Pembangunan hanya 18 bulan saja, cuman perijinan yang lama,” jelas Direktur Utama PT Pelindo III Cabang Benoa, Bali, Ali Sodikin di Denpasar, Senin (09/02/2015).

Menurut Ali, Pelabuhan Marina itu sudah mendapat persetujuan Gubernur Bali Made Mangku Pastika sejak tahun 2013 lalu. Pastika, tutur Ali, sudah mengeluarkan rekomendasi berupa Rencana Induk Pelabuhan (RIP). “Namun sayang, sampai sekarang Walikota Denpasar belum menyetujui dan memberikan Rencana Induk Pelabuhan. Pelabuhan Marina itu harus mendapat persetujuan Gubernur Bali dan Walikota Denpasar,” ungkap Ali.

Lantas ia menuturkan panjang dermaga timur untuk kapal pesiar saat ini mencapai 306 meter dan saat nantinya menjadi Pelabuhan Marina akan dikembangkan menjadi 600 meter. Sementara, papar dia, anggaran yang disiapkan baru bisa ditentukan setelah dikeluarkan RIP dari Walikota Denpasar. “Pelabuhan Marina nanti akan ada zona hijau penanaman pohon untuk menjaga lingkungan yang luasnya sekitar 300 meter lebih. Pelabuhan Marina yang akan kita siapkan bisa menampung ratusan kapal yact. Rata-rata satu kapal yact harganya 150 miliar,” tutur dia.

Selain itu, ujar Ali, Pelabuhan Marina nantinya akan didukung marina dukungan seperti taman hijau, pusat perbelanjaan berupa mall seperti yang terdapat di Singapora. Untuk kebersihan pengolahan ikan akan menggunakan standar Jepang. “Akan ada zona entertaint (tempat hiburan) dan zona penunjang seperti cafe dan lainnya. Adanya Pelabuhan Marina maka tamu bertambah dan akan banyak menyerap tenaga kerja. Standar keamanan harus memenuhi standar Internasional Marine Organisation (IMO) yang dikeluarkan PBB,” imbuh dia.

Source Pelabuhan Benoa Siap Berubah Jadi Pelabuhan Marina

Leave A Reply

Your email address will not be published.