Pelabuhan Ambon Segera Dideklarasi Jadi TPK

10

22 November 2017 — PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) segera mendeklarasikan Pelabuhan Ambon sebagai Terminal Petikemas (TPK), seiring tibanya 1 unit alat bongkar muat container crane (CC) di pelabuhan yang juga cukup terkenal di wilayah timur itu. Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung mengatakan, sebelumnya Pelabuhan Ambon memang belum memiliki alat CC. Alat itu baru didatangkan dan tiba di Pelabuhan Ambon pada Minggu, 19 November lalu.

“Dengan adanya alat CC ini, Pelabuhan Ambon nanti juga akan dijadikan Terminal Petikemas. Apalagi, sudah ada kapal yang transhipment di pelabuhan itu,” kata Doso.

Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo IV, Farid Padang menambahkan, dengan tibanya 1 unit CC di Pelabuhan Ambon, kini di pelabuhan itu tercatat telah memiliki 3 unit Reacstacker, masing-masing 1 unit Crane darat dan forklift, 9 unit Head Truck 20 feed dan 2 unit Heaf Truck 40 feet, jumlah itu masih di tambah dengan 2 unit Rubber Tyred Gantry dan masing-masing 1 unit Level Luffing Crane dan Mobil PMK.

Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya terus berupaya meningkatkan produktivitas bongkar muat di Pelabuhan Ambon yang merupakan salah satu pelabuhan yang cukup besar di Kawasan Timur Indonesia (KTI). “Nanti pada akhir tahun, akan didatangkan 3 unit Rubber Tyred Gantry baru dan relokasi Reachstaker dari Pelabuhan Kendari,” ujarnya.

Dengan penambahan 1 unit CC baru tersebut menurutnya, target troughpout Ambon akan melampaui 100.000 TEUs dari posisi sekarang yang hanya 85.000 TEUs. Pelabuhan Ambon juga akan dipersiapkan dan dideklarasikan menjadi Terminal Petikemas.

“Di mana seharusnya sudah dideklarasikan pada Mei lalu, namun Kementerian Perhubungan masih menunggu kedatangan Container Crane, baru akan ditetapkan deklarasinya,” jelas Farid.

Kehadiran CC di Pelabuhan Ambon katanya juga sebagai upaya Pelindo IV untuk meningkatkan konektivitas di KTI, serta upaya peningkatan untuk mendukung percepatan pertumbuhan Ekonomi Regional Kawasan Timur Indonesia, khususnya daerah Maluku.

“Sekaligus juga untuk mempersiapkan penerapan berthing window di pelabuhan yang melayani main Line operator, maupun tramper yang terkoneksi jalur tol laut maupun pendulum Nusantara di Indonesia Timur, khusunya yang melayani handling petikemas,” tegasnya.

Sementara itu, direncanakan pada Kamis (23/11/2017) akan dilakukan penurunan CC dari atas kapal dan akan dipasang di dermaga Pelabuhan Ambon.

Acara tersebut rencananya dihadiri Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo IV, Farid Padang dan akan mengundang Gubernur Maluku, Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku, Wali Kota Ambon, Imigrasi, INSA, APBMI, ALFI/ILFA, Kapolres Pelabuhan Ambon, Kapolsek Pelabuhan Ambon, serta eksportir di Maluku yang mengharapkan segera dilakukan ekspor langsung dari Pelabuhan Ambon dengan adanya alat tersebut.

Sebelumnya, tepat pada 10 November lalu, Pelindo IV juga sudah menambah 1 unit CC untuk ditempatkan di Terminal Petikemas Bitung (TPB).

Hal itu sebagai upaya Perseroan untuk terus meningkatkan produktivitas bongkar muat barang, serta mendukung Pelabuhan Bitung menjadi International Hub Port dan mempercepat penurunan angka dwelling time di pelabuhan tersebut.

Source Pelabuhan Ambon Segera Dideklarasi Jadi TPK

Leave A Reply

Your email address will not be published.