Pekerja Pertamina Mengambil Peran dalam Pendidikan Anak

22

27 Agustus 2018 — Sebagai wujud kepedulian pada dunia pendidikan di Indonesia,  PT Pertamina (Persero) kembali menggelar program bertajuk Pertamina Energi Negeri (PEN). Program yang sudah terselenggara untuk ketiga kalinya ini dilaksanakan secara serentak di sejumlah kota di tanah air.

Seperti yang dilakukan hari ini, Senin (27/8/2018), sejumlah pekerja Pertamina mengedukasi puluhan anak-anak yang tergabung dalam Sekolah Alternatif Untuk Anak Jalanan (SAAJA) di Kawasan Karet Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan.

Dengan mengusung tema “Menyatukan Energi Mendukung Literasi, sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat untuk berbagai pengetahuan khususnya membaca, menjelang Hari Literasi lnternasional”, para insan Pertamina secara sukarela berbagi pengetahuan serta menebar inspirasi positif sekaligus memperkenalkan berbagai profesi di Pertamina.

Para pekerja Pertamina juga memberikan pengenalan awal tentang lini produk Pertamina kepada peserta didik.

Kegiatan ini dikemas dengan apik dan semenarik mungkin,  seperti anak-anak diajak untuk bernyanyi, menari, hingga berdongeng berbagai cerita sehingga menarik minat para peserta yang hadir.

Indira Pratyaksa, salah seorang relawan pengajar Pertamina mengatakan banyak pengalaman menarik yang didapatkan dari kegiatan PEN. Satu di antaranya adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan seluruh peserta didik termasuk cara menarik minat mereka untuk ikut andil dalam kegiatan ini.

Lebih lanjut Indira juga berharap, untuk ke depannya PEN tidak hanya diberikan kepada anak-anak peserta didik, tapi juga kepada para guru-guru ataupun tenaga pengajarnya.

“Menurut saya  guru-guru juga perlu diberikan edukasi bagaimana cara mengajar yang kreatif. Bagaimana mengajar supaya lebih fun dan bagaimana mereka bisa terlibat bukan hanya memberikan materi tentang pembelajaran, tapi juga pembentukan karakter. Karena karakter itu merupakan hal fundamental, bagi pembentukan generasi yang lebih baik,” saran Indira.

Menurut Koordinator PEN III Charisma Satria, program ini melibatkan 1.435 pekerja dari Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Unit Operasi dan Anak perusahaan dari berbagai tingkat jabatan. Para relawan mengajar, mendokumentasikan seluruh kegiatan yang berlangsung secara serentak di 17 lokasi, yakni di  Aceh, Medan, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Prabumulih, Plaju, Jakarta, Balongan (Indramayu), Cilacap, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Tanjung, Makassar, Jayapura dan Kasim.

Source Pekerja Pertamina Mengambil Peran dalam Pendidikan Anak

Leave A Reply

Your email address will not be published.