Peduli Lingkungan, Brantas Abipraya Tanam 12.500 Pohon Sengon di Legok Banteng

20

06 Mei 2019 | Lahan gundul seluas lima hektar di Kampung Legok Banteng, Cijayanti, Bogot, Jawa Barat kini sudah menghijau. Sebanyak 12.500 batang pohon sengon ditanam oleh PT Brantas Abipraya (Persero) tepat setahun yang lalu.

Penanaman sengon di Kampung Legok Banteng ini merupakan bagian dari program Abipraya Peduli. Sebelumnya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini diampingi Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YLHI) telah menanam 5.000 pohon di kawasan Puncak, serta 5.000 pohon lainnya di hulu Sungai Ciliwung.

Manager Sekretariat dan Humas PT Brantas Abipraya (Persero) Rudi Pudianto mengatakan perkebunan sengon tersebut didanai dari program Corporate Social Responsibility (CSR) serta Bina Lingkungan dari Brantas Abipraya. “Tujuannya ialah untuk menjaga agar tidak terjadi erosi, sekaligus mencegah banjir dan longsor,” ujar Rudi saat meninjau kebun pada Jumat (3/5) lalu.

Rudi melanjutkan, melalui program penghijauan tersebut, Brantas Abipraya juga mengajak masyarakat di Kampung Legok Banteng untuk ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Setahun sudah menjadi bagian dari warga Kampung Legok Banteng, Brantas Abipraya juga menjadikan kebun sengon tersebut sebagai tempat beraktivitas warga, bahkan berwisata. Faslitas berupa perpustakaan mini dengan 500 buku bacaan juga dibangun di tengah kebun, dengan harapan bisa dimanfaatkan anak-anak setempat untuk memperluas wawasannya.

Selain sengon, masyarakat setempat juga menanami kebun dengan tanaman lain seperti pisang dan pepaya. Mendatang, Rudi mengatakan Brantas Abipraya akan mengupayakan ternak ayam serta kambing di lahan tersebut. “Intinya, perkebunan ini sifatnya sosial, tak ada profit yang kami ambil. Sehingga, kami betul-betul menjaga lingkungan sekitar, khususnya di daerah Bogor,” tandasnya

Mewakili masyarakat Kampung Legok Banteng, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cijayanti Kholis Setiawan menyampaikan apresiasinya kepada Brantas Abipraya atas prgoram penghijauan tersebut. “Kami sangat berterima kasih kepada PT Brantas Abipraya (Persero) atas dibuatnya kebun sengon di kampung ini. Mengingat, lahan di Legok Banteng ini rawan akan pergerakan tanah,” ujarnya.

Secara geografis, menurut Kholis, tanah di Kampung Legok Banteng memang sangat labil. “Ketika Brantas Abipraya melakukan penghijauan dengan menanam sengon ini, jelas terasa sekali manfaatnya, termasuk mengurangi abrasi di kawasan bantaran Sungai Cikeas,” tuturnya.

Kholis berharap kerja sama dengan Brantas Abipraya bisa terus terjalin baik dan program tersebut terus berlanjut. “Sehingga warga Kampung Legok Banteng bisa hidup nyaman, aman dari pergerakan tanah, berikut Sungai Cikeas yang bisa terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Source Peduli Lingkungan, Brantas Abipraya Tanam 12.500 Pohon Sengon di Legok Banteng

Leave A Reply

Your email address will not be published.