PDS Kembali Raih Anugerah Citra Indonesia

20

08 April 2016

Surabaya  Satu lagi penghargaan nasional diraih PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Kali ini ajang penghargaan diberikan oleh Majalah Indonesia Inspire berupa Anugerah Citra Indonesia atas keberhasilan PDS melakukan pengembangan dalam meningkatkan kinerja perusahaan di bidang penyedia tenaga kerja. PDS dinobatkan sebagai The Best Improvement Outsourcing Company of The Year 2016 pada malam penganugerahan di Istana Ballroom, Sari Pan Pacific Hotel, Jakarta, Jumat (8/4). Penghargaan Anugerah Citra Indonnesia berupa piala, medali, dan sertifikat diterima oleh Direktur Utama PDS, Gugus Wijonarko.

Sebelumnya PDS telah meraih Indonesia Entrepreneur and Education Award 2015 dari Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia Business Quality Award 2015 dari Indonesia Development Achievement Foundation, dan The Most Trusted Company in Company Outsourcing of the Year 2015.

“Penghargaan sebenarnya bukan tujuan kami. Apa yang kami lakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa dan demi meningkatkan kinerja perusahaan,” kata Gugus Wijonarko,

yang pada acara tersebut didampingi General Manager Operasi dan Pengembangan Bisnis, Wawan Sulistiawan, serta Manager Pemasaran dan Penjualan, Ratminto.

“Kami berharap penghargaan ini akan menambah semangat dan memotivasi manajemen beserta karyawan PDS untuk terus melakukan improvement guna meningkatkan pelayanan kepada mitra usaha dan meningkatkan kinerja perusahaan,” tuturnya.

Penghargaan Anugerah Citra Indonesia diberikan secara rutin setiap tahun oleh Majalah Indonesia Inspire bekerja sama dengan Sembilan Bersama Media dan Kementerian Koperasi dan UKM, untuk mengangkat citra positif Indonesia di mata internasional.

“Penghargaan diberikan kepada tokoh dan perusahaan yang menunjukkan kinerja luar biasa dan kinerja luar biasa tersebut mampu memberikan kesejahteraan bagi orang-orang di dalamnya, serta menginspirasi orang lain untuk meniru kesuksesan, pencapaian dan keberhasilannya,” kata Laksdya TNI (Purn.) Gunadi, MDA, Ketua Penyelenggara Anugerah Citra Indonesia.

Gugus memaparkan, pengembangan yang dilakukan sepanjang tahun 2015 berdampak sangat signifikan terhadap kinerja perusahaan. PDS mencatatkan pendapatan sebesar Rp 98,4 miliar atau naik lebih dari dua kali lipat dibanding tahun 2014 yang sebesar Rp 42,55 miliar. Laba perusahaan juga meningkat 458 persen dan aset perusahaan meningkat 152 persen menjadi Rp 39,93 miliar, dan operating ratio berhasil diturunkan dari 98 persen menjadi 95 persen tanpa mengurangi kualitas layanan. Proses pengadaan barang menjadi sangat efektif hingga bisa menghemat 20 persen. Jumlah karyawan juga meningkat dari 1.360 orang di tahun 2014 menjadi lebih dari 2.000 orang di tahun 2015. Demikian halnya cakupan usaha, berkembang menjadi lebih dari 15 jenis layanan.

Pelindo III selaku pemegang saham PDS memberikan apresiasi atas keberhasilan tersebut. “Biasanya perusahaan yang usianya baru dua tahun itu belum apa-apa. Tapi PDS telah memperlihatkan kinerja yang luar biasa, bahkan sudah memiliki anak perusahaan. Saya yakin, dengan meningkatkan daya saing, PDS akan menjadi perusahaan besar,” kata Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III, Rahmat Satria, dari Surabaya.

Salah satu pengembangan yang dilakukan PDS adalah penerapan teknologi informasi berupa aplikasi e-rekutmen. Aplikasi ini memudahkan para pekerja yang melamar, diawali dengan membuka website PDS, lalu klik e-rekrutmen untuk registrasi. Setelah login, diteruskan dengan mengklik informasi yang  dilanjutkan klik menu pendaftaran. Cara registrasi juga sangat mudah, cukup memasukkan nomor KTP dan email. Untuk mengetahui posisi pelamar (jumlah pelamar, tenaga yang dibutuhkan dan  sebagainya) cukup mengklik menu poisisi. “Adanya aplikasi e-rekrutmen PDS mampu menghemat biaya dan tenaga hingga 80 persen,” ujar Gugus.

Labih lanjut Gugus mengugkapkan bahwa saat ini jumlah pelamar di PDS saat ini cukup besar. Hampir setiap hari ada puluhan surat lamaran yang masuk, sehingga membutuhkan waktu dan tenaga untuk proses verifikasi. Keunggulan proses e-rekrutmen, dibanding cara konvensional yang berpotensi terjadi kekeliruan verifikasi atau ada lamaran yang terlewatkan.

“Dengan adanya e-rekutmen, hal itu bisa dihilangkan, setidaknya diminimalisasi sehingga tidak ada yang merasa dirugikan,” pungkasnya.

Source PDS Kembali Raih Anugerah Citra Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.