Pastikan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Seluruh Unit Usaha, RNI Gelar Pelatihan SMK3

19

Kamis, 25 April 2019 – 8:42am | JAKARTA – Dalam rangka menjalankan amanat Peraturan Pemerintah (PP) No.50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) melaksanakan pelatihan SMK3, pada tanggal 22-24 April 2019, di Auditorium Gedung RNI, Jakarta. Pelatihan yang menghadirkan pembicara dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Administrasi Jakarta Selatan dan PT Surveyor Indonesia (Persero) tersebut diikuti oleh perwakilan seluruh Anak Perusahaan RNI Group.

Pelatihan dibuka oleh Group Head Umum RNI Edwin Elfian Lubis, pada Senin, 22 April 2019. Dalam sambutannya ia mengatakan penerapan SMK3 sesuai dengan PP No.50 Tahun 2012 merupakan hal yang sangat penting, mengingat pencapaian dan pengembangan kinerja perusahaan sangat ditentukan oleh prosedur K3 yang di terapkan di perusahaan tersebut

Edwin berharap, selepas mengikuti pelatihan ini, para peserta bisa melakukan audit internal SMK3 di unit usaha masing-masing. Selain itu, usai pelatihan, RNI bersama Surveyor Indonesia akan bersinergi guna melaksanakan audit internal serta sertifikasi SMK3.

Pada hari pertama pelatihan, para peserta mendapatkan berbagai materi diantaranya, Regulasi K3, Dasar- Dasar K3, dan Pedoman Penerapan SMK3. Di hari kedua, dipaparkan mengenai Pedoman Penilaian Penerapan SMK3 dimana perserta diberikan pengertian dan tujuan audit SMK3 yang bisa diaplikasikan dalam budaya kerja. Selain itu, dipaparkan juga mengenai, kompetensi dan kualifikasi auditor, kriteria penetapan hari audit SMK3, Tahap Audit SMK3 dan Penjelasan 166 kriteria.

Pada hari ketiga, peserta melakukan simulasi Audit SMK3. Pemahaman terkait Audit SMK3 ini diharapkan dapat menstandarisasi penerapan SMK3 dilingkungan anak perusahaan PT RNI Group yang sesuai dengan UU Keselamatan Kerja.

Sebelum dilakukan penutupan pada Rabu, 24 April 2019, salah satu perwakilan peserta yang berasal dari PT PG Rajawali I Matius, menyampaikan, pelatihan SMK3 ini sangat penting dalam membangun budaya kerja yang baik dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Ia mengatakan, pelatihan ini sangat menambah ilmu dan wawasan dalam penerapan K3 dilingkungan kerja.

Semoga melalui penerapan SMK3 yang terstandarisasi kinerja perusahaan dapat semakin meningkat dan memperoleh hasil terbaik.

Source Pastikan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Seluruh Unit Usaha, RNI Gelar Pelatihan SMK3

Leave A Reply

Your email address will not be published.