Pasokan PLTMG Bangkanai Terhambat Pembangunan Transmisi

21

Jakarta, 22 Maret 2016 – Pembangunan Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai 155 MW yang disiapkan untuk memperkuat Pasokan Listrik di Sistem Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah bertahap selesai. Setelah melakukan uji coba pada Februari lalu, 1 (satu) unit PLTMG ini mampu memasok energi listrik untuk Daerah Muara Teweh, Kalimantan Tengah sebesar 8 Megawatt (MW). Dengan masukknya supply daya ini, maka PLN dapat melakukan efisiensi karena tidak lagi mengoperasikan PLTD yang sebelumnya menyupply listrik ke Muara Teweh.

Selain itu, pasokan daya PLTMG ini juga direncanakan akan memasok beberapa sistem kelistrikan mulai dari Buntok (10 MW), Batu Licin (12 MW) dan Sampit (33 MW), hingga terhubungan dengan sistem interkoneksi Kalselteng melalui jaringan transmisi 150 kilo Volt (kV).  Namun hingga saat ini, pembangunan jaringan tersebut masih terhambat karena beberapa titik lokasi tower transmisi belum dapat digunakan akibat terkendala pembebasan lahan dan kompensasi tanam tumbuh. Pembangunan transmisi yang saat ini masih dibangun mulai dari Muara Teweh ke Buntok, dan Buntok ke Tanjung hingga masuk ke sistem Kalselteng.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan sudah melakukan mediasi berkali-kali dengan warga agar lahannya dapat digunakan, sehingga tower dapat dibangun dan pasokan listrik dapat segera mengalir,” ujar PLT Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi.

Dukungan dari berbagai pihak juga menjadi kunci suskes dari percepatan pembangunan infratruktur kelistrikan, mulai dari pemerintah, muspida setempat, LSM, termasuk masyarakat pada umumnya. Hadirnya PLTMG Bengkanai yang berlokasi di di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah ini adalah salah satu upaya PLN untuk memperkuat pasokan di sistem kelistrikan Kalselteng yang belakangan mengalami defisit daya. Bukan hanya untuk mengupayakan ketersediaan lahan untuk pembangunan infrastruktur, masyarakat bersama PLN juga harus menjaga aset negara ini agar pasokan listrik dapat terus tercukupi.

“Tim kami di lapangan terus bekerja cepat supaya pasokan listrik di Kalselteng semakin memadai dan pengoperasian pembangkit diesel untuk beberapa sistem isolated bisa segera diberhentikan agar lebih efisien,” tutup Agung.

Kontak :
Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Twitter. @agungmurdifi
Email. [email protected]

Source Pasokan PLTMG Bangkanai Terhambat Pembangunan Transmisi

Leave A Reply

Your email address will not be published.