Pasar Susu Terbuka Lebar, Peluang Untuk Peternak Milenial

22

Jumat, 01 Maret 2019 | MALANG – KPSP Setia Kawan bersama PT Sucofindo (Persero) melatih 70 milenial peternak sapi perah untuk mengisi potensi pasar kebutuhan susu di Jawa Timur. Pemberdayaan generasi muda ini untuk menguasai pasar susu untuk menekan defisit impor susu.

Hal ini ditegaskan Ketua Umum KPSP Setia Kawan, HM Koesnan kepada Malangpostonline.com, Jumat siang, tadi.

“KPSP Setia Kawan, saat ini memproduksi 105 ton susu per hari, memenuhi kebutuhan sekitar 10 persen susu di Jawa Timur. Masih banyak yang belum bisa dipenuhi. Ini peluang bagi generasi muda untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas susu sapi perah,” ujar Koesnan.

Pembekalan ini dilakukan agar anak-anak para peternak susu bisa lebih maju dan lebih baik. Menurut Koesnan, PT Sucofindo sebagai BUMN, juga mendorong peningkatan kapasitas produksi susu, dengan cara mempermudah akses permodalan kepemilikan sapi. Disediakan pinjaman berbunga ringan berjangka 3 tahun.

Selain memberi pelatihan, KPSP Setia Kawan siap melakukan pemantauan paska pembekalan. Tujuannya, untuk memastikan ilmu dan materi yang diberikan dalam pelatihan dua hari, bisa diterapkan.

Jika ada kekurangan di lapangan, maka pihak koperasi bisa langsung melakukan supervisi, pembenahan dan memberi masukan kepada anak-anak milenial yang mulai menggeluti usaha sapi perah.
“Kami pasti memantau, sehingga hasil dari pelatihan benar-benar bermanfaat bagi peternakan mereka,” tutur Koesnan.

“Kami juga mencegah mereka untuk pindah ke Malang atau Surabaya, dan mendorong mereka untuk fokus pengembangan peternakan sapi perah. Mereka adalah calon penerus bangsa yang mewarisi semangat orangtua mereka untuk menjalankan peternakan,” tambahnya.

Source Pasar Susu Terbuka Lebar, Peluang Untuk Peternak Milenial

Leave A Reply

Your email address will not be published.