Pasang Stiker Angkutan Sewa Khusus, Kacab JR Bali Dukung Regulasi Permenhub 108 Tahun 2017

31

01 Februari 2018, Humas Bali — Kepala Cabang Jasa Raharja Bali DR. Ir. Sulistianingtias, MM., AAIK menghadiri acara pemasangan Stiker untuk angkutan Sewa Khusus. Kegiatan yang di inisiasi Dinas Perhubungan Provinsi Bali tersebut digelar dihalaman Kantor Dinas Perhubungan Prov.Bali Kamis, (1/2/2018).

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri jajaran Dishub Provinsi Bali, Dirlantas Polda Bali, Kepala Jasaraharja Putera Cabang Denpasar,   Badan Pendapatan Daerah Prov. Bali, Kepala Biro Hukum dan HAM, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Bali dan NTB, para kabid dan sejumlah undangan lainnya serta para sejumlah pengusaha transportasi yang ada di Pulau Dewata.

“Agenda ini sangat penting bagi pengusaha transportasi dan kami di Jasa Raharja mensupport kegiatan pemasangan stiker untuk angkutan Sewa Khusus ini,” ungkap Kepala Cabang. Terkait angkutan sewa khusus tersebut pemerintah masih membolehkan untuk beroperasi asalkan memenuhi ketentuan-ketentuan dalam Peraturan Menteri Perhubungan.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali dalam sambutannya yang di bacakan Kadishub Prov. Bali Gusti Agung Ngurah Sudarsana mengatakan bahwa untuk menampung perkembangan kebutuhan masyarakat dalam jasa angkutan umum berbasis teknologi informasi pemerintah telah mengeluarkan regulasi supaya tidak menimbulkan persoalan baru.

“Permenhub  nomor 32 tahun 2016 kemudian di evaluasi  lagi dengan Permenhub nomor 26 tahun 2016.  Namun peraturan ini tidak berlaku lama karena sejumlah pasalnya dibatalkan Mahkamah Agung. Kemudian lahirlah Permenhub Nomor 108 pada Oktober 2017 yang merupakan penyempurnaan Permenhub Nomor 32 tahun 2016 dan Permenhub Nomor 26 tahun 201, “Papar Sekda.

Dalam Permenhub 108 tahun 2017 tersebut diatur secara menyeluruh berkaitan dengan pelayanan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek yakni angkutan orang dengan menggunakan taksi, angkutan orang dengan tujuan tertentu, angkutan orang untuk pariwisata serta angkutan dikawasan tertentu.”Untuk Provinsi Bali wilayah operasi dari angkutan sewa khusus adalah wilayah SARBAGITA plus, “ungkap Sekda

Ada beberapa kekhususan dari angkutan sewa khusus diantaranya wilayah operasi terbatas, tarif angkutan tertera pada aplikasi berbasis TI sesuai dengan tarif batas atas dan tarif batas bawah Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, penggunaan kendaraan harus malalui pemesanan, pemesanan hanya malalui aplikasi TI, kendaraan harus wajib kir, pengemudi harus SIM A, dilengkapi dengan tanda khusus berupa stiker.

“Saya berharap untuk menjaga stabilitas, kenyamanan, agar para pengusaha angkutan khusus segera mengurus dan melengkapi kendaraan dengan perizinan sesuai ketentuan, “harap Kadishub Provinsi Bali diakhir sambutannya. Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan stiker bagi angkutan sewa khusus sebagai bentuk kekompakan semua pihak dalam menjalankan regulasi Permenhub Nomor 108 tahun 2017.

Source Pasang Stiker Angkutan Sewa Khusus, Kacab JR Bali Dukung Regulasi Permenhub 108 Tahun 2017

Leave A Reply

Your email address will not be published.