Partisipasi Aktif AirNav Indonesia Dalam Mewujudkan Implementasi ATFM/CDM

110

Jakarta, 2 Agustus 2015 – Sudah menjadi komitmen AirNav Indonesia untuk selalu berperan serta dan berpartisipasi aktif dalam segala hal yang bertujuan untuk mewujudkan penerbangan Nasional yang lebih baik dan teratur.

Komitmen ini terealisasi dalam fasilitasi kegiatan ATFM/CDM Workshop yang dilaksanakan oleh Direktorat Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan yang berlangsung di Ruang Auditorium Gedung Support Kantor Pusat AirNav Indonesia, Rabu pagi. Dengan menggandeng ICAO RSO sebagai narasumber dan pemberi materi dari ATFM Experts, acara ini mengundang seluruh komponen penerbangan yang berhubungan dengan implementasi ATFM/CDM, seperti operator bandar udara, maskapai penerbangan, ground hadling, TNI AU, TNI AD dan lain -lain.

Sebagai tambahan informasi, Air Traffic Flow Management atau ATFM adalah sebuah cara atau metoda yang digunakan untuk menyeimbangkan antara kapasitas (capacity) dan permintaan (demand) di ruang udara (airspace) maupun di bandara (airport), sehingga pengaturan lalu lintas udara bisa efisien dan efektif. ATFM tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh salah satu stakeholder saja namun harus dilakukan secara bersama-sama dengan komitmen tinggi oleh semua pemangku kepentingan (stakeholder). Untuk itu perlu adanya dukungan sistem atau pola CDM (Collaborative Decision Making) yakni pola untuk membuat stake holder berkolarobasi mensukseskan ATFM.

Dalam workshop yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 29 hingga 31 Juli 2015 ini, Mr. Hiroyuki Takata sebagai ICAO ATFM expert serta Ms. Melisa Wee sebagai ICAO CDM expert memberikan informasi mengenai bagaimana pelaksanaan ATFM/CDM di suatu negara serta berbagi ilmu dan pengalaman tentang bagaimana berkolaborasi antara kepentingan penerbangan sipil dan kepentingan penerbangan militer dalam implementasi ATFM/CDM.

Seremonial resmi pembukaan kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama dalam mendukung implementasi ATFM di Indonesia. Seluruh CEO airlines, airport dan AirNav Indonesia serta pejabat terkait bersama-sama menandatangani komitmen yang menunjukkan dukungan dan kesungguhan dari seluruh stakeholder untuk mensuksesan implementasi ATFM/CDM di tanah air.

Peran, kerjasama, kolaborasi yang baik serta komitmen seluruh stakeholder penerbangan pun diakui Direktur Utama Perum LPPNPI Bambang Tjahjono sangat penting dan diperlukan dalam pelaksanaan implementasi ATFM. Hal ini diungkapkan  Bambang Tjahjono dalam sambutannya. “kami selaku stakeholder penerbangan, selalu mendukung program implementasi ATFM/CDM di Indonesia, dan harapan yang sama kepada stakeholder lainnya untuk dapat bekerja bersama-sama, berkolaborasi serta berkomitmen untuk kepentingan kita bersama.”

Pelaksanaan kegiatan Workshop ini diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan dan pemahaman terhadap pentingnya ATFM/CDM, sehingga dapat bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan penerbangan Nasional yang lebih baik dan teratur. (Sekretariat Perusahaan)

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Corporate Secretariat
Perum LPPNPI (AirNav Indonesia)
Telepon    : 021-55915000 ext.1130
Fax            : 021-55915100
Email        : [email protected]

Source Partisipasi Aktif AirNav Indonesia Dalam Mewujudkan Implementasi ATFM/CDM

Leave A Reply

Your email address will not be published.