Parenting Class untuk Mencegah Anak dari Kecanduan Gadget

28

30 Mei 2016

Surabaya – Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini peranan gadget elektronik bukan menjadi suatu barang yang mewah lagi tetapi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan keluarga. Bahkan penggunaan barang elektronik seperti TV, video game, handphone, Ipad atau Android tablet dapat dikatakan sebagai “digital babysitter” karena terkadang dapat membuat anak-anak menjadi lebih tenang. Banyaknya aplikasi dan games yang menarik, memiliki nilai edukatif serta interaktif bagi anak-anak menjadi alternatif pertimbangan bagi orang tua untuk memberikan tablet sebagai media anak bermain dan membaca. Namun, di balik beberapa efek positif yang ada dari sebuah gadget elektronik, tetap ada beberapa efek negatif yang dapat terjadi bila orang tua memberikan tablet untuk anak usia balita yang sedang dalam masa perkembangan.

“Dengan adanya Parenting Class, kami berharap orang tua mendapatkan perbekalan tentang bagaimana memberikan pendidikan tanpa menggunakan gadget,” ujar Nina Septika Finance Section Head Pelindo Properti Indonesia, anak usaha Pelindo III yang menyelenggarakan seminar tersebut di Surabaya North Quay, destinasi maritim baru di Surabaya, akhir Mei lalu.

Parenting Class tersebut ternyata berhasil menarik animo masyarakat terutama para orang tua yang mau mengkaji perkembangan pengetahuan tentang bagaimana merawat buah hatinya dengan baik. Terlihat dari antusiasnya peserta yang mengajukan beberapa pertanyaan tentang bagaimana cara mengurangi intensitas paparan gadget kepada anak-anak.

“Peranan orang tua sangat penting demi keberhasilan proses ini, salah satu cara yang berhasil yaitu dengan metode kisah atau mendongeng,” jelas Bagas, sebagai pembicara Sygma Insani.

“Mendongeng tidak hanya membacakan cerita saja, tetapi bagaimana menghidupkan dongeng tersebut. Seperti misalnya dengan menirukan suara binatang atau berperan seperti tokoh utama akan membuat dongeng menjadi lebih menarik,” tegasnya.

Dongeng dapat mengalihkan perhatian anak dari paparan gadget dan meningkatkan kreativitas imajinasi tumbuh kembang anak.

Source Parenting Class untuk Mencegah Anak dari Kecanduan Gadget

Leave A Reply

Your email address will not be published.