Paket Murah Peti Kemas Diminati Pengusaha

11

09 April 2015

Program paket murah angkutan laut Jakarta – Surabaya (dan sebaliknya) sebesar Rp 2 juta untuk pengiriman container berukuran 20 feet sangat diminati pelaku usaha. Pelabuhan Tanjung Perak misalnya, telah terpesan 4.000 box selama bulan April 2015 yang kegiatan bongkar dan muat akan dilakukan oleh forwarding PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL).

PT SPIL sendiri telah menjadwalkan 11 call ship membawa kontainer yang masuk dalam program ‘Short Sea Shipping’ dengan rute Tanjung Perak ke Tanjung Priok untuk mendukung program pemerintah Sistem Logistik Nasional (Sislognas) yang bertujuan menekan biaya logistik seefisien mungkin dan mengalihkan pengiriman kontainer lewat darat ke laut.

Deputy General Manager Pelindo III Tanjung Perak Bambang Hasbullah mengatakan bahwa paket promosi angkutan laut Jakarta – Surabaya sebagai salah satu alternative pilihan bagi pengguna jasa/pemilik barang dalam melakukan kegiatan pendistribusian barangnya dengan harga yang kompetitive dan dijamin keselamatan barangnya.

“Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, saat ini Indonesia justru masih lebih banyak menggunakan moda transportasi darat dibandingkan dengan moda transportasi laut. Sebagai contoh untuk angkutan barang Jakarta-Surabaya saat ini lebih dari  90 persen menggunakan angkutan darat dan lebih dari 9 peresen menggunakan angkutan laut,” ujarnya, Kamis (9/4).

Hal ini sangat berbanding terbalik dengan negara-negara kepulauan lainnya seperti Jepang. Sebagai negara yang juga merupakan salah satu negara kepulauan terbesar, pendistribusian barang di Jepang justru lebih mengoptimalkan penggunaan moda transportasi laut dibandingkan darat.

Tak hanya terjadi di negara-negara kepulauan saja, tetapi juga sudah menjadi pilihan utama dibeberapa negara maju lainnya seperti Belgia, dimana pelabuhan Antwerp distribusi barang ke area hinterland pelabuhan secara bertahap dialihkan dari yang semula menggunakan moda transportasi darat sebesar 56 persen ditahun 2014 akan diturunkan menjadi sebesar 43 persen ditahun 2020.

“Ini dilakukan dalam rangka mengurangi kepadatan di jalan raya, menciptakan biaya logistik yang lebih murah melalui economic of scale yang dapat dihadirkan oleh moda transportasi laut serta untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui pengurangan emisi gas buang/CO2,” terangnya.

Bagi operator kapal yang turut serta ini akan mendapatkan beberapa fasilitas dari Pelindo III berupa alokasi khusus Berthing Window di dermaga Jamrud Selatan dengan Container Yard (CY) atau lapangan penumpukan petikemas khusus dengan dibantu oleh 2 unit Harbour Mobile Crane (HMC) sebagai alat bongkar muat kontainer.

Source Paket Murah Peti Kemas Diminati Pengusaha

Leave A Reply

Your email address will not be published.