Pabrik Peleburan INALUM Raih Penghargaan Kecelakaan Nihil dari Kementerian Ketenagakerjaan RI

47

07 September 2018 09:37:01 | Jakarta – Pabrik Peleburan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM berhasil meraih penghargaan kecelakaan nihil (Zero Accident Award) tahun 2018. Penganugerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Hery Sudarmanto mewakili Menteri Ketenagakerjaan RI M. Hanif Dhakiri pada Malam Penganugerahan Penghargaan K3 di Ruang Birawa Hotel Bidakara Jakarta (9/8). Selama periode 1 Januari 2015 hingga 31 Desember 2017, Pabrik Peleburan INALUM berhasil mencatat 13.016.544 jam kerja orang tanpa kecelakaan.

“Penghargaan K3 diberikan kepada perusahaan yang berhasil melaksanakan K3. Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi pekerja, pengusaha, perusahaan, dan berbagai pihak terkait untuk menerapkan K3. Penerapan K3 dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja,” jelas Menaker M. Hanif Dhakiri dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Hery Sudarmanto.

Sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 1 Tahun 2007 tentang Pedoman Penghargaan K3, perusahaan yang berhak mendapatkan penghargaan kecelakaan nihil (Zero Accident Award) adalah perusahaan yang dianggap telah berhasil dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja sehingga mencapai nihil kecelakaan kerja pada jangka waktu tertentu.

Direktur Produksi INALUM, S.S. Sijabat mengatakan bahwa INALUM sangat peduli kepada penerapan budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). “INALUM selalu berusaha menerapkan budaya K3 karena keselamatan merupakan hal yang paling penting saat kita bekerja,” ungkap Sijabat.

Sebelumnya di tahun 2017 lalu, Pabrik Peleburan INALUM juga berhasil mendapat Juara 2 Nasional BPJS Zero Accident Award atas kinerja penerapan K3 dan pengendalian kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di lingkungan kerja Perusahaan.

Source Pabrik Peleburan INALUM Raih Penghargaan Kecelakaan Nihil dari Kementerian Ketenagakerjaan RI

Leave A Reply

Your email address will not be published.