Pabrik NPK dan RS Bertaraf Internasional Dilokasi PT PIM

46

26-02-2018 | PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) akan membangun pabrik pupuk Nitrogen, Fosfat, dan Kalium (NPK) di areal kawasan pabrik. Rencananya dilakukan dengan menggandeng dua perusahaan lain serta mengembangkan satu pabrik lama. Selain itu juga akan membangun satu unit rumah sakit bertaraf Internasional. Adapun perusahaan lain yang digandeng PIM adalah PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), dengan modal 19 persen serta Jordan Phospate Mining Corporation (JPMC) dengan saham 40 persen, sedangkan PIM sendiri menanam saham 41 persen.

“Kita sudah mendapatkan izin dari PT Pupuk Indonesia dan direncanakan semester kedua sudah dapat dibangun,” ungkap Achmad Fadhiel Direktur Utama PIM kepada sejumlah wartawan pada Senin (26/2/2018) pada acara HUT ke 36 dihadapan ratusan karyawan dan undangan. Hal lainnya, PT PIM telah sukses membentuk serta mendirikan Badan Usaha Pembangunan dan pengelolaan KEK Arun yaitu PT patriot Nusantara Aceh.

“Saat ini PT Pupuk Indonesia telah menyetujui akuisasi PT Asean Aceh Fertilizer (AAF) kepada PIM, dan saat ini kami sedang bernegosiasi untuk pembelian seluruh asetnya. Sementara pabrik NPK dan Asam Fosfat akan direalisasikan pada pertengahan tahun 2018. Jumlah dana yang dibutuhkan untuk pembangunan pabrik tersebut mencapai Rp 1,6 triliun,”terang Achmad. Disebutkan, jumlah NPK yang akan diproduksi setiap tahunnya mencapai 500 ribu ton. Untuk kebutuhan asal Sulfat akan didatangkan dari luar untuk sementara, sebelum dibangun pabrik di kawasan PIM. Sedangkan amoniak dan nitrogren sudah tersedia di PIM.

“Ke depan kita akan membutuhkan tenaga kerja tambahan. Diperkirakan capai 2.000 sampai 3.000 nantinya ketika pabrik sudah beroperasi,” paparnya. Untuk tenaga kerja, sudah dipersiapkan hasil perekrutan sebelumnya. Mereka sekarang sudah dimagangkan ke sejumlah pabrik pupuk lain.

Nantinya mereka baru bekerja di pabrik tersebut setelah beroperasi. Tenaga kerja tersebut adalah lulusan strata satu (S1) dari Aceh, dan sebagian besar adalah yang disekolahkan Pemerintah Aceh sebelumnya. “Kita berharap dukungan dari semua pihak, sehingga pabrik yang sudah direncanakan tersebut dapat dibangun sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,” kata Dirut PIM.

Source Pabrik NPK dan RS Bertaraf Internasional Dilokasi PT PIM

Leave A Reply

Your email address will not be published.