Optimalisasi Produk Petrokimia di Kontraktor Kontrak Kerja Sama

22

28 Februari 2018 — Fungsi Petrochemical Trading Direktorat Pemasaran mengadakan Workshop Optimalisasi Produk Petrokimia di Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), pada Rabu (14/2/2018) di Ballroom Hotel Hilton, Bandung. Acara ini merupakan bentuk kolaborasi antara Pertamina sebagai BUMN dengan SKK Migas selaku regulator dalam pelaksanaan kegiatan operasi hulu migas.

“Workshop ini diadakan untuk menjaring masukan terkait kebutuhan produk petrokimia yang diperlukan oleh KKKS yang berada di bawah naungan SKK Migas. Dengan demikian kami harapkan spesifikasi produk petrokimia yang disiapkan Pertamina sesuai dengan kebutuhan KKKS,” ujar Vice President Petrochemical Pertamina Ferdy Novianto.

Hal senada disampaikan Manager Senior Kapasitas Nasional SKK Migas Bayu Murbandono. “Tujuan kegiatan ini adalah memacu peningkatan penggunaan produk-produk dalam negeri. Salah satunya produk petrokimia Smooth Fluid (SF) yang dihasilkan oleh Pertamina. Harapannya, KKKS memberikan kesempatan kepada produk Pertamina untuk bisa lebih berperan dalam kegiatan hulu migas, khususnya operasi pengeboran sehingga bisa lebih efektif, lebih efisien dan lebih tepat guna,” imbuh Bayu.

Sementara itu, Manager Special Chemical Abdul Hafid R menambahkan kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya Pertamina dalam meningkatkan layanan kepada konsumen khususnya kepada konsumen KKKS. Ia menegaskan, ke depannya skema penjualan produk petrokimia Pertamina pun akan diubah yang selama ini melalui distributor menjadi transaksi langsung dengan menerapkan konsep Key Account Management. “Sehingga diharapkan Pertamina lebih mengetahui kebutuhan Konsumen,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan tentang produk SF 2 dari Pertamina RU II Dumai dan SF 5 dari Pertamina RU V Balikpapan. Produk yang dapat digunakan untuk kegiatan pengeboran tersebut merupakan bahan baku untuk campuran dalam pembuatan lumpur pada kegiatan pengeboran. Selama ini, sebagian KKKS sebagian masih menggunakan produk base fluid dari luar negeri. Padahal, Pertamina sudah menghasilkan produk tersebut.

“Kami menjamin kualitas produk ini. Smooth Fluid Pertamina sudah dapat digunakan untuk pengeboran pada formasi kondisi tekanan dan temperatur yang cukup ekstrim. Produk ini memiliki kandungan local sebesar 51,06%. Untuk itu, workshop ini menjadi salah satu upaya kami mengajak kerja sama dengan SKK Migas sehingga dapat mendorong penggunaan produk yang memiliki kandungan komponen lokal yang lebih tinggi di Indonesia,” jelas Ferdy.

Source Optimalisasi Produk Petrokimia di Kontraktor Kontrak Kerja Sama

Leave A Reply

Your email address will not be published.