Operasi Pasar, 10 Ribu Warga Ciamis Terima Kepokmas Murah

10

21 Mei 2019 | Sebanyak 10 ribu rumah tangga miskin (RTM) di Kabupaten Ciamis dapat membeli harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) dengan harga murah saat Operasi Pasar Murah (OPM) Disperindag Jawa Barat. OPM ini mulai digelar di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (20/5/2019).

Di Kabupaten Ciamis, warga boleh membeli satu paket kepokmas terdiri dari beras 5 kilogram, gula pasir 3 kilogram dan minyak goreng 3 kilogram. Dari 1 paket seharga sekitar Rp 130 ribu warga bisa menebus dengan harga 50 persennya.

“Ini program operasi pasar murah bersubsidi, anggaran total Rp 20 miliar untuk 27 kabupaten-kota di Jabar. Kita di Ciamis bekerja sama dengan Diskoperindag Ciamis, untuk usulan RTM dan mengusulkan komoditi yang dibutuhkan. Di Ciamis tiga komoditi dan ada 10 ribu penerima,” ujar Kepala Seksi Barang Pokok dan Barang Penting Disperindag Jawa Barat Muhamad Nul Hakim di Ciamis.

Disperindag bekerja sama dengan Bulog Sub Divre III Ciamis untuk penyediaan tiga komoditi beras, minyak goreng dan gula. Dipilihnya Desa Winduraja sebagai pusat OPM di Ciamis, karena masuk dalam desa rawan pangan.

“Untuk di Desa ini, sekarang disediakan 700 paket sembako murah, itu untuk RTM,” ucap Nul Hakim.

Diharapkan dengan operasi pasar murah bisa menekan harga di pasar agar tidak ada indikasi mengalami kenaikan. Meski pun mengalami kenaikan masih terjangkau oleh masyarakat.

“Jadi ini kan sedang Ramadhan dan menjelang Idulfitri, jadi kami ingin warga ikut merasakan kebutuhan pokok dengan harga murah,” ucap Nul Hakim.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya merespons positif kegiatan OPM tersebut sehingga masyarakat terbantu. Menurut Herdiat, pasar murah ini dapat menekan harga pasar.

OPM tersebut akan digelar di daerah lainnya yaitu Cikoneng, Cidolog dan Sindangkasih. “Semoga harga kebutuhan pokok bisa terjangkau oleh masyarakat. Kami akan terus pantau, dan upayakan meskipun ada kenaikan harga masih taraf wajar. Untuk persediaan barang masih tetap ada,” tutur Herdiat.

Source Operasi Pasar, 10 Ribu Warga Ciamis Terima Kepokmas Murah

Leave A Reply

Your email address will not be published.