Musicool Pertamina Sedot Perhatian Pengunjung JIEXPO

22

27 September 2018 — Booth milik PT Pertamina (Persero) yang terdapat pada pameran bertajuk The Largest Refrigeration & Climate Control Technology Exhibition in Southeast Asia di Hall D Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018), sukses menyedot perhatian pengunjung. Puluhan orang silih berganti berdatangan untuk menyaksikan sekaligus mempelajari secara langsung seperti apa produk Pertamina yang diberi nama Musicool.

Musicool adalah merek produk refrigerant hidrokarbon produksi Pertamina berupa gas bahan pendingin dengan bahan dasar hidrokarbon dengan spesifikasi persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI) Refrigeran Hidrokarbon. Produk ini mulai diproduksi pada tahun 2003 sebagai varian produk refrigerant alami yang dapat menggantikan refrigerant sintetik yang selama ini digunakan untuk mesin pendingin, seperti lemari es ataupun AC.

Salah satu pengunjung pameran, Robby, mengaku tertarik untuk menggunakan Musicool. Menurutnya, dari penjelasan yang ia dapatkan di booth Pertamina, Musicool jauh lebih ramah lingkungan dan hemat energi jika dibandingkan dengan refrigerant sintetik yang selama ini banyak digunakan oleh produsen lemari es, AC maupun mesin pendingin lainnya.

Robby pun mengaku memiliki rencana untuk mengganti penggunaan refrigerant sintetik menjadi Musicool. “Kalau bisa menggantikan produk itu dan kualitasnya lebih bagus, setelah pameran ini kita akan coba kontak untuk diskusi lebih lanjut lagi,” kata Robby.

Hal senada juga diungkapkan pengunjung lainnya, Zaenal Fanani. Ia pun mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pertamina dengan menciptakan Musicool untuk menggantikan refrigerant sintetik yang dikenal berbahaya bagi lingkungan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Source Musicool Pertamina Sedot Perhatian Pengunjung JIEXPO

Leave A Reply

Your email address will not be published.