Mulai 8 Desember 2017, Jasa Marga Berlakukan Penyesuaian Tarif di Lima Ruas Jalan Tol

14

PRESS RELEASE

PT JASA MARGA (Persero) Tbk.

Nomor: 149/2017 Tanggal 6 Desember2017

Mulai 8 Desember 2017, Jasa Marga Berlakukan Penyesuaian Tarif di Lima Ruas Jalan Tol

Jakarta, (6/12) – Menjelang akhir tahun 2017, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melakukan penyesuaian tarif tol setiap dua tahun sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diatur dalam Undang-Undang No. 38 tahun 2004 Pasal 48 ayat 3 tentang Jalan Tol.

Penyesuaian tarif tol diterapkan mulai tanggal 8 Desember 2017 pukul 00.00 waktu setempat dan berlaku bagi lima ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga, yang diatur oleh masing-masing Surat Keputusan (SK), yakni:
1. SK No. 973/KPTS/M/2017 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tj. Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit,
2. SK No. 974/KPTS/M/2017 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Surabaya-Gempol,
3. SK No. 975/KPTS/M/2017 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa,
4. SK No. 976/KPTS/M/2017 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Palimanan-Kanci,
5. SK No. 977/KPTS/M/2017 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Semarang (Seksi A, B, C).

Penyesuaian dan evaluasi tarif tol setiap dua tahun ini dilakukan berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan laju inflasi. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 Pasal 68 ayat 1 tentang Jalan Tol, tarif tol awal dihitung berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi.

Sedangkan perhitungan usulan tarif tol dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang kemudian dievaluasi oleh BPJT berdasarkan data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) selama dua tahun terakhir. Adapun besaran tarif yang disesuaikan sebagaimana terlampir

Dalam upaya memberikan pelayanan terbaiknya, Jasa Marga senantiasa meningkatkan pemenuhan indikator Standart Pelayanan Minimum (SPM) yang meliputi: kondisi jalan tol, kecepatan tempuh ratarata, aksesibilitas, mobilitas keselamatan, unit pertolongan/penyelamatan dan bantuan pelayanan, serta kebersihan lingkungan maupun kelaikan tempat istirahat dan pelayanan (TIP).

Upaya-upaya pemenuhan SPM yang telah dilakukan oleh Jasa Marga di antaranya menerapkan 100% elektronifikasi di seluruh jalan tol, meng-upgrade sistem peralatan tol untuk men-support pelayanan, melakukan integrasi sistem transaksi, serta penambahan sarana dan prasarana untuk layanan informasi seperti Close Circuit Television (CCTV), Variable Message Sign (VMS), dan Remote Traffic
Microwave System (RTMS).

Keterangan lebih lanjut hubungi:
Dwimawan Heru
AVP Corporate Communication
PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta 13550
Telp. 021 8413526 / ext. 117/118
Email: [email protected]

Source Mulai 8 Desember 2017, Jasa Marga Berlakukan Penyesuaian Tarif di Lima Ruas Jalan Tol

Leave A Reply

Your email address will not be published.