Mudahkan Akses Pelabuhan Celukan Bawang, Pelindo III Siap Jalin Konsorsium Jalan Tol

10

25 Agustus 2015

Singaraja – Investasi jangka panjang pemerintah melalui rencana pembangunan Tol Soka Seririt, mendapat dukungan PT. Pelindo III Celukan Bawang. Jalan penghubung selain mampu mempercepat akses jalan, turut meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah Buleleng. Desas desus rencana pengembangan jalan penghubung Soka Seririt, diprediksi sekaligus mengembangkan Pelabuhan Celukan Bawang, menjadi sambuda pelabuhan bongkar muat di Bali.

Tahapan pembangunan diperkirakan masih akan terjadi dalam waktu panjang, dan diperkiran dibangun sekitar tahun 2017 mendatang. “Mengenai rencana pembangunan jalan Tol itu, Pelindo sudah siap menjalin konsorsium bersama pihak lain. Kami perkirakan rencana itu akan dilakukan pembangunan Tahun 2017 ke depan,” ujar General Manager PT. Pelindo III Celukan Bawang, Dewa Gede Adi Kumarajaya, Selasa (24/8).

Ia menjelaskan , berbagai persyaratan tetap harus dipenuhi Pelindo III dalam melakukan konsorsium. Hal itu bahkan telah dikomunikasikan bersama Pemprov Bali. Pihaknya kini tinggal menunggu kepastian Pemprov Bali, menyangkut pembangunan jalan Tol Soka-Seririt. “Ini memang sudah direncanakan, Pelindo III sudah menyampaikan, dan sekarang tinggal menunggu saja untuk membahas, dan melakukan kajian, dan pembebasan lahannya,” jelas Adi Kumarajaya.

Kondisi jarak tempuh menuju Pekabuhan Celukan Bawang, sering dikeluhkan dalam proses mengirim bongkar muat menuju Kota Denpasar dan sekitarnya. Melalui jalan Tol, setidaknya jarak tempuh mampu ditekan lebih singkat. “Kalau dihitung berapa lama waktu dihabiskan di jalan, jarak tempuhnya hampir selama 10 jam. Hitungannya itu jika barang dibawa truk isinya penuh. Apalagi truk bermuatan di atas 25 ton, belakangan ini mereka harus lewat Jembrana dan tidak bisa lewat Pupuan, karena hanya muatan 16 ton boleh lewat sana. Ini yang menjadi pertimbangan dari Pelindo III,” paparnya.

Kumarajaya menambahkan, rencana pembangunan Tol Soka Seririt, menjadi gagasan serupa dengan pembuatan jalan Tol di Denpasar. Di mana ikut melibatkan sejumlah konsorsium terkait. “Sekarang “APBD dan APBN kali ini tidak diikutkan. Namun, dalam pembangunan tol ini, konsorsium lah yang akan dicoba. Di tahun 2017 ke depan kami berharap agar bisa terealisasi,” demikian Kumarajaya.

Source Mudahkan Akses Pelabuhan Celukan Bawang, Pelindo III Siap Jalin Konsorsium Jalan Tol

Leave A Reply

Your email address will not be published.