MT Muslimah Yayasan Baiturrahman Salurkan Bantuan Rp576 Juta

16

13 Mei 2019 | Majelis Taklim (MT) Muslimah Yayasan Baiturrahman Pupuk Kaltim menggelar Safari Ramadan 1440 H, sebagai representasi semangat meraih keberkahan pada bulan suci yang rutin digelar setiap tahun. Kegiatan ini mendatangi sejumlah lokasi di Kota Bontang, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara, sekaligus menyerahkan bantuan di masing-masing titik. Kegiatan dibuka GM Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid, di lantai dasar Masjid Baiturrahman pada 11 Mei 2019.

Ketua MT Muslimah Yayasan Baiturrahman Ratih Soerasari Yudi Kisworo, mengatakan Safari Ramadhan merupakan agenda rutin yang melibatkan banyak pihak, mulai para donatur, penerima bantuan, hingga seluruh panitia yang telah bekerja ekstra mempersiapkan agenda tahunan ini dengan baik, Begitu juga untuk penyalurannya. “Patut diapresiasi, seluruh panitia bekerja penuh amanah menyalurkan bantuan,” ucap Ratih.

Menurut Ratih, salah satu kebanggaan MT Muslimah Yayasan Baiturrahman pada kegiatan ini adalah adanya peningkatan jumlah dana yang terkumpul yang jauh melebihi target. Dari awal ditarget Rp448 Juta, menjadi Rp576 Juta lebih, atau naik sekitar 29%. “Bantuan terdiri dari Pupuk Kaltim, anak perusahaan dan donatur lainnya. Dana awal nol Rupiah akan kami salurkan seluruhnya sehingga kembali nol,” tambah Ratih.

Sementara Nur Sahid, memastikan dukungan Perusahaan bagi kegiatan yang membawa misi dakwah tersebut. Dia berharap, Safari Ramadhan dapat meningkatkan silaturahmi dan persaudaraan di lingkungan Perusahaan dengan masyarakat sekitar. “Pupuk Kaltim sangat mendukung kegiatan ini, semoga bantuan yang disalurkan tepat sasaran, serta membawa manfaat bagi sesama,” harap Nur Sahid.

Pada kesempatan itu, diserahkan secara simbolis sejumlah bantuan kepada penerima, terdiri dari uang pembinaan dan 119 paket beras bagi anak asuh yayasan Baiturrahman senilai Rp38,33 Juta, dana pemberdayaan umat Majelis Taklim Rp35 Juta, dana operasional dan prasarana rumah Al-Qur’an Baiturrahman Rp28,40 Juta, serta 7 unit pembatas jamaah Masjid Al-Huda Rp19,04 Juta. Selanjutnya dana operasional dan 106 paket beras Mualaf Bontang Rp14,92 Juta, material bangunan pondok pesantren Nurul Ichsan Rp10,01 Juta, serta pembebasan lahan rumah tahfidz Raudatul Ulum Rp10 Juta.

Safari Ramadhan dilanjutkan mendatangi sejumlah titik lokasi penyerahan bantuan, yang terbagi dalam dua tim. Salah satunya realisasi penyaluran bantuan dana umat Masjid Al-Asri Jalan Pipa Gang Nanas RT 01 Desa Martadinata, Kecamatan Teluk Pandan, Kutai Timur. Di lokasi tersebut diserahkan bantuan pembangunan tempat wudhu, kamar mandi, teras dan finishing bangunan masjid senilai Rp111,38 Juta, yang diserahkan Manager Kamtib Pupuk Kaltim Sunardi, kepada Kepala Desa Martadinata Mung Acil. “Terima kasih atas bantuan MT Muslimah Yayasan Baiturrahman, alhamdullillah sekarang masjid sudah ada teras dan kamar mandi. Semoga bantuan ini menjadi amal jariah bagi semua donatur yang membantu,” ungkap Mung Acil.

Pembina MT Muslimah Yayasan Baiturrahman Lilis Ratna Sari, turut menyampaikan kebahagiannya bisa menjalin ukhuwah islamiyah dengan masyarakat di bulan penuh berkah ini, dengan saling berbagi. Dirinya berharap bantuan sarana dan prasarana dapat memberi manfaat besar bagi warga desa Martadinata. “Kami juga berharap masyarakat ikut mendoakan Pupuk Kaltim agar terus beroperasi dengan baik, sehingga kontribusinya bisa lebih besar kepada masyarakat,” kata Lilis.

Penyerahan bantuan ditandai peresmian kamar mandi oleh Lilis Ratna Sari didampingi Sunardi, dirangkai penyaluran bantuan berupa Al-Qur’an dan alat kebersihan.

Source MT Muslimah Yayasan Baiturrahman Salurkan Bantuan Rp576 Juta

Leave A Reply

Your email address will not be published.