Modul Pembelajaran Online untuk Menunjang Produktivitas Karyawan (Bagian III)

3

Rabu, 27 Mei 2015 | MPO ini sifatnya sama dengan perkuliahan tetapi secara online. Jika ditinjau dari sisi karyawan, MPO merupakan sarana pengembangan potensi diri yang boleh dibilang sangat menguntungkan. Mengapa demikian? Karena karyawan tidak perlu mengeluarkan nominal yang lumayan besar untuk mengembangkan potensi dirinya.

Mari kita bayangkan bersama-sama, bagaimana jika seandainya setiap karyawan mampu mengembangkan dan memaksimalkan potensi diri yang dimiliki? Apakah perusahaan juga mendapatkan keuntungan dari hal tersebut? Tentunya iya, karena maju mundurnya perusahaan ini juga tergantung dari sumber daya manusia yang dimilikinya.

Jika MPO ini berjalan sesuai dengan harapan, maka bisa dibayangkan betapa “hidup”nya suasana belajar di perusahaan. Tahukah Anda bahwa suasana belajar itupun juga masih bisa dikembangkan dengan menambahkan media pembelajaran online yang lain. Bisa disebut dengan nama JarKom, atau Jaringan Komunikasi. Semangatnya masih sama, memanfaatkan era digital modern. Caranya dengan melakukan broadcast melalui email dan SMS Center.

Bukankah handphone sekarang menjadi salah satu alat komunikasi yang sudah merakyat? Setiap karyawan pasti memiliki handphone. Kalau boleh diberikan asumsi secara global, 99% karyawan pasti memilikinya. SMS Center memiliki peranan penting di sini. Isi dari broadcast SMS Ini adalah tentang kalimat-kalimat singkat yang mampu menjaga dan menaikkan motivasi bekerja dari setiap karyawan. Bisa dilakukan sekali atau dua kali dalam seminggu, atau frekuensi yang sekiranya baik menurut perusahaan. Jika karyawannya berjumlah ribuan, pertanyaannya pasti berapa pulsa yang dibutuhkan untuk mengirimkan broadcast SMS tersebut? Pasti lumayan banyak juga. Tetapi hal itu bisa diatasi dengan menggunakan beberapa provider. Broadcast SMS dilakukan menggunakan provider yang sama dengan yang digunakan oleh karyawan, bukankah hal itu bisa menekan biaya pulsa?

Media JarKom lainnya adalah email. Memang tidak semua karyawan memiliki email. Tetapi di era teknologi digital seperti sekarang, email juga merupakan sarana yang sudah lazim. Jika dibandingkan dengan SMS Center, JarKom melalui email lebih low budget. Selain itu kalimat-kalimatnya bisa lebih panjang dibandingkan SMS Center. Perusahaan bisa memberikan instruksi kepada karyawan yang belum memiliki email, untuk segera membuatnya, agar JarKom email bisa dilakukan juga. Pertanyaannya, manakah yang lebih baik diantara keduanya? Sama-sama baik, tetapi melakukan keduanya merupakan perpaduan yang luar biasa ditambah lagi dengan berjalannya MPO. Semoga dengan MPO dan JarKom ini mampu mengembangkan dan memaksimalkan potensi diri setiap karyawan dan berujung pada produktivitas yang terus meningkat.

Source Modul Pembelajaran Online untuk Menunjang Produktivitas Karyawan (Bagian III)

Leave A Reply

Your email address will not be published.