Modul Pembelajaran Online untuk Menunjang Produktivitas Karyawan (Bagian I)

2

Rabu, 27 Mei 2015 | Aset itu merupakan sesuatu yang berharga, maka setidaknya ada tiga perlakuan yang seharusnya dilakukan, yaitu dijaga, digunakan dan dikembangkan. Jika tidak dijaga, aset itu bisa hilang, jika tidak digunakan aset menjadi percuma dan jika tidak dikembangkan maka aset hanya memberikan nilai timbal balik yang tetap bahkan cenderung menurun.

Begitupun juga dengan karyawan yang dimiliki oleh perusahaan. Karyawan itu adalah aset yang berharga bagi perusahaan, karena itulah setidaknya harus dilakukan tiga hal tersebut. Menjadi lebih baik lagi jika setiap karyawan juga memperlakukan perusahaan sebagai aset yang dimilikinya. Dalam artian, melalui kompensasi yang diberikan perusahaan, setiap karyawan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan keluarga. Karena itu, setiap karyawan juga harus menjaga, menggunakan, dan mengembangkan perusahaan dimana tempatnya bekerja. Mindset dasar itulah yang harus dimiliki oleh keduanya, perusahaan dan karyawan. Dengan cara itulah baik perusahaan maupun karyawan mendapatkan produktivitas yang maksimal.

Pemahaman akan pekerjaan yang dilakukan oleh setiap karyawan menjadi salah satu kunci yang menentukan produktivitas dalam bekerja. Bagaimana mereka bisa produktif jika pemahaman akan pekerjaan yang dilakukan masih sangat minim. Karena itu menjadi penting bagi perusahaan untuk memberikan pemahaman tentang pekerjaan yang harus dikerjakan oleh setiap karyawan yang dimiliki.

Seperti sebuah motivasi yang begitu cantik kalimatnya, “bekerja itu adalah proses belajar yang dibayar”. Entah siapa yang menciptakan kalimat motivasi itu. Tetapi siapapun orangnya, kita patut berterimakasih dan mengambil makna dari kalimat tersebut. Faktanya di bangku sekolah dan kuliah, kita harus membayar harga untuk bisa mengikuti proses belajar. Sedangkan pada saat bekerja, kita pun juga sedang menjalani proses belajar tetapi mendapatkan bayaran. Bukankah itu hal yang sangat menarik?

Dewasa ini, perkembangan teknologi sangat luar biasa pesat. Adanya internet sangat membantu untuk mendapatkan dan memberikan informasi dengan mudah dan cepat. Serta didukung pula dengan banyaknya fasilitas yang mampu mengakses internet dengan mudah, seperti smartphone, tablet, laptop dan juga komputer desktop.

Bukankah hal itu juga menjadi sebuah keuntungan bagi perusahaan dalam rangka menjaga, menggunakan, dan mengembangkan potensi diri setiap karyawan yang berujung pada meningkatnya produktivitas?

Source Modul Pembelajaran Online untuk Menunjang Produktivitas Karyawan (Bagian I)

Leave A Reply

Your email address will not be published.