Mitra Wana Perkasa Maju Tingkat Nasional

14

(08/09/2018) | Masyarakat Mitra Polisi Hutan/Masyarakat Peduli Api (MMP/MPA) Mitra Wana Perkasa Kecamatan Salem, Brebes, maju lomba Wana Lestari tingkat nasional 2018. ”Alhamdulillah dalam Lomba Wana Lestari tingkat Jateng 2018, kami berhasil meraih predikat juara pertama. Dengan demikian kami maju ke tingkat nasional,” kata Castori, Ketua MMP/MPAWana Perkasa, kemarin.

Lomba Wana Lestari merupakan salah satu program kegiatan pemberian penghargaan kepada masyarakat dan aparat pemerintah yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan latar belakang untuk meningkatkan motivasi dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan kehutanan. ”Keberhasilan maju ke tingkat nasional ini merupakah buah dari pembinaan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah dan Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat,” kata Castori.

MMP/MPA Wana Perkasa berdiri sejak 2014, yang difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah dan Perum Perhutani KPH pekalongan Barat.

Saat ini jumlah anggota 30 orang yang merupakan perwakilan 21 desa di Kecamatan Salem. Adapun salah satu kegiatannya antara lain membantu polisi kehutanan dalam mengamankan sarana prasarana perlindungan hutan. ”Lembaga ini merupakan bentuk komitmen bersama menjaga kelestarian hutan dari kerusakan dan bahaya kebakaran,” katanya.

Diakuinya, Perhutani KPH Pekalongan Barat memiliki peran yang besar dalam perjalanan MMP/MPAWana Perkasa, baik itu melalui pembinaan maupun pemberian fasilitas. ”Pembinaan tersebut antara lain perencanaan kegiatan serta berbagi peran dalam pengamanan hutan dari bahaya kerusakan hutan, kebakaran dan bencana alam,” katanya.

Adapun peran Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Profinsi Jawa Tengah memfasilitasi pelatihan penanggulangan kerusakan hutan, kebakaran dan bencana serta pemberian bantuan alat pemadam api ringan. ”Kami siap berbagi ilmu dan pengetahuan, jika ada wilayahwilayah di kawasan hutan yang ingin membentuk MMP/MPA untuk mewujudkan hutan lestari, katanya.

Administratur Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat Dian Rakhmawati berharap MMP/MPA Mitra Wana Perkasa Salem tetap kompak dan menjadi organisasi yang mandiri. ”Tentu saja kami akan selalu mendukung setiap kegiatan atau upaya-upaya pelestarian hutan,” katanya.

Source Mitra Wana Perkasa Maju Tingkat Nasional

Leave A Reply

Your email address will not be published.