Minim Sarana Air Bersih di Tangerang, Airnav Sumbang Lima Waterwell

91

Tangerang (25/02/2016) – Minimnya sarana dan prasarana air bersih di sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Tangerang, Banten, menggugah manajemen Perum Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) untuk membangun fasilitas yang terbilang vital bagi kehidupan warga tersebut. Kemarin, Kamis, 25 Februari 2016, Bertempat di Pondok Pesantren Ummu Habibah, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten, BUMN yang dikenal dengan nama lain AirNav Indonesia tersebut meresmikan lima fasilitas air bersih multifungsi secara sekaligus.

”Fasilitas waterwell ini merupakan bagian dan Program Bina Lingkungan yang dilaksanakan oleh Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia. Ini bentuk nyata kepedulian perusahaan untuk mendukung kegiatan masyarakat yang membutuhkan ,” jelas Sekretaris Perusahaan Perum LPPNPI Air Suryadharma dalam sambutannya.

Ari memaparkan, selain lingkungan dengan keberadaan fasilitas penyedia air bersih yang minim, program waterwell juga dilaksanakan untuk mendukung aktivitas di lembaga-lembaga pendidikan yang membutuhkan. Sebelum program pembangunan fasilitas ini dilakukan, ada sejumlah proses yang dilalui  agar pemanfaatan fasilitas dapat secara optimal dirasakan oleh masyarakat.

”Ada tahapan seleksi dan survey kelayakan yang dilakukan oleh tim. Sebagai contoh, di Kelurahan Karangsari, Kota Tangerang, misalnya, kami menemukan masih adanya masyarakat yang memanfaatkan sungai untuk kebutuhan mandi dan mencuci. Lalu kami bangunkan satu unit waterwell yang lengkap di sana. Ada toilet, tempat mencuci, hingga tempat berwudhu,” jelas Ari Suryadharma.

Menurutnya, program serupa tidak hanya terfokus di Kota maupun Kabupaten Tangerang. Hal tersebut mengingat Perum LPPNPI sebagai badan usaha milik pemerintah diamanatkan untuk menjalankan program secara merata di seluruh wilayah kerja perusahaan.

Kendati baru memulai program PKBL di penghujung 2015, sebelumnya Perum LPPNPI juga telah menyelenggarakan beragam aksi sosial di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang. Antara lain meliputi khitanan massal, bantuan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, pelestarian Sungai Cisadane, hingga pemberian bantuan modal kerja melalui Program Kemitraan kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang tersebar di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

”Untuk diketahui, lingkungan kerja kami tidak hanya meliputi Kota maupun Kabupaten Tangerang, yang notabene berada dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta. Tetapi tersebar di seluruh Indonesia. Sementara di Soekarno-Hatta sendiri, Perum LPPNPI bukanlah satu-satunya BUMN yang melaksanakan kegiatan bisnisnya,” lanjut Ari.

Ari menyebutkan, biaya pelaksanaan pembangunan fasilitas air bersih dan pendukungnya yang dijalankan sejak 2015 itu mencapai kisaran Rp 90 juta per unit. Adapun kelima lokasi pembangunan waterwell yang dilaksanakan AirNav Indonesia meliputi :

1. Nurul Hidayah, Kampung Golun, RT 01/011, Karangsari, Neglasari, Kota Tangerang;
2. Jl. Al Munawar RT 01/01, Kelurahan Blendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang;
3. Desa Pangkalan, RT 04/05, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang;
4. Kampung Cayur RT 03/01, Desa Ranca Ilat, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang;
5. Lebak Wangi RT 05/09, kecamatan Sepatan Timur.

Tentang AirNav Indonesia

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012. Airnav Indonesia didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan. AirNav Indonesia mengelola seluruh ruang udara Indonesia yang dibagi menjadi 2 (dua) Flight Information Region (FIR), yaitu Jakarta FIR dan Ujung Pandang FIR. AirNav Indonesia memiliki delapan kantor cabang dan 18 kantor distrik di seluruh Indonesia.

Tangerang, 25 Februari 2016

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Corporate Secretary Perum LPPNPI
Telepon : 021-5591 5000 ext. 1130
Fax : 021-5591 5100

Source Minim Sarana Air Bersih di Tangerang, Airnav Sumbang Lima Waterwell

Leave A Reply

Your email address will not be published.