Menumbuhkembangkan Jiwa Enterpreneurship di Lingkungan Karyawan untuk Mempercepat Kemajuan Suatu Perusahaan (Bagian I)

4

Senin, 8 Juni 2015 | Menjadi seorang karyawan bukan berarti tidak bisa mempunyai jiwa enterpreneur. Seorang wirausahawan memiliki jiwa yang dinamis dan selalu berkembang dengan keadaan, memiliki ide-ide dan inovasi yang baru dan segar, bagaimana jika jiwa seorang entrepreneur ini dapat ditumbuhkan dan dikembangkan pada diri seorang karyawan maka akan membawa perkembangan bagi suatu perusahaan. Dan dari pihak perusahaan juga harus memberi dorongan dan wadah bagi karyawan untuk berkreasi secara bertanggung jawab. Berikut ini saya akan memaparkan sifat yang dimiliki oleh seorang entrepreneur.

Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775), mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para ahli lainnya, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya. Sementara itu Peter Drucker berpendapat, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai-nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

Berikut ini adalah daftar watak-watak yang sebaiknya dimiliki dan dikembangkan oleh wirausaha adalah percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil risiko, berjiwa pemimpin, menjunjung orisinalitas, berorientasi ke masa depan, jujur dan tekun.

Source Menumbuhkembangkan Jiwa Enterpreneurship di Lingkungan Karyawan untuk Mempercepat Kemajuan Suatu Perusahaan (Bagian I)

Leave A Reply

Your email address will not be published.