Menumbuhkan Kembali Nasionalisme Kemaritiman Generasi Muda

24

29-10-2017 | MERAK — Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang tiap tahun jatuh setiap tanggal 28 Oktober, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menggelar Upacara Bendera di atas KMP Sebuku dalam pelayaran reguler Merak-Bakauheni, Minggu (29/10) pagi.

Adapun kegiatan upacara tersebut selain diikuti oleh karyawan PT ASDP dari Cabang Merak, Bakauheni dan kantor pusat, turut diikuti oleh pelajar tingkat dasar hingga menengah atas yakni dari SD MIN 1 Langon, SMP Negeri Satu Atap Cilegon,

SMP Negeri 6 Cilegon dan SMA Negeri 4 Cilegon. Tidak ketinggalan, para penumpang reguler KMP Sebuku yang bertolak dari Pelabuhan Merak juga turut mengikuti  kegiatan upacara Sumpah Pemuda.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi, selaku inspektur upacara mengatakan, upacara bendera di KMP Sebuku untuk memperingati hari Sumpah Pemuda dilakukan untuk kedua kalinya di tahun 2017, sebagai wujud inisiasi PT ASDP dalam menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme khususnya para generasi muda bangsa dalam bidang kemaritiman.

“Indonesia adalah salah satu negara maritim terbesar dunia, yang juga memiliki nenek moyang pelaut. Kepada generasi muda penerus bangsa, kita harus lebih mengenal kemaritiman dengan lebih baik agar bisa mencintai dan mulai membangun sektor maritim terutama dalam pengembangan sektor transportasi. Dengan kondisi 2/3 wilayah Indonesia merupakan perairan, maka transportasi laut dan penyeberangan harus semakin kuat dan menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia,” katanya di sela kegiatan Sumpah Pemuda di atas KMP Sebuku, Minggu (29/10).

Peringatan 89 tahun Sumpah Pemuda menjadi momentum baik bagi bangsa Indonesia untuk selalu menjalin persatuan dan kesatuan bangsa dalam setiap lini kehidupan. “Api semangat para pemuda yang pada delapan puluh sembilan tahun lalu berhasil mempersatukan Indonesia dari suku, agama dan kedaerahan harus tetap menggelora pada saat ini maupun masa depan. Kemajuan zaman dan teknologi saat ini jangan sampai menggerus nilai-nilai semangat, kerja keras, dan rasa kebangsaan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya insan muda generasi penerus bangsa ,” tuturnya.

Terus Berinovasi

Faik melanjutkan, dalam momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali meluncurkan sejumlah inovasi baru yang menunjang layanan prima terhadap pengguna jasa penyeberangan. Di era kemajuan teknologi yang sangat pesat, penggunaan intenet sangat tinggi oleh masyarakat kelas menengah, khususnya para generasi muda yang sangat tinggi kebutuhannya dalam telekomunikasi dan penyebaran informasi.

“Kami ingin memberikan pengalaman baru bagi penumpang ferry, salah satunya adalah On Board Entertainment yang kita sebut dengan “ASDP Seru”. Ini produk inovasi terbaru dari kami untuk meningkatkan pelayanan di atas kapal yang berbentuk aplikasi atau web based lokal yang terkoneksi dengan wifi. Diharapkan, pengguna jasa dapat menikmati perjalanan yang lebih menyenangkan yang dapat diakses dengan mudah dari gadget masing-masing,” tuturnya.

“Saya mengharapkan dengan adanya inovasi baru ini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) diharapkan mampu memberikan pelayanan yang efektif dan efisien sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna layanan atau penumpang kapal,” kata Faik lagi.

Ujung Tombak

Selain itu, pengguna jasa semakin mudah mengakses laman portal PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang menjadi pedoman utama bagi pengguna jasa untuk mencari info apapun tentang ASDP, mulai dari membeli tiket secara online hingga info layanan. “Aksesibilitas portal ASDP semakin memudahkan masyarakat khususnya untuk membeli tiket online serta melihat jadwal kapal. Buka www.indonesiaferry.co.id melalui browser desktop atau handphone. Jika mau pesan tiket, klik menu reservasi yang tersedia di homepage. Sangat mudah, tidak perlu antre lagi saat beli tiket,” kata Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat.

Tidak ketinggalan, hari ini PT ASDP juga meluncurkan kantin atau warung di atas kapal, yang didesain lebih modern dan hangat bagi penumpang. Penggunaan motif kayu, bahan marmer serta penggunaan lampu LED strip white warm, diharapkan memberikan kesan yang natural, hangat serta ramah. Warung kapal ASDP di KMP Sebuku yang didesain lebih segar ini ke depannya akan menjadi pilot project untuk re-desain kantin di seluruh kapal PTASDP.

Melalui kampanye “Jadikan ASDP yang Terbaik”, PT ASDP Indonesia Ferry mengajak  masyarakat pengguna jasa agar menyampaikan keluhan, saran dan apreasiasi mengenai pelayanan petugas serta kebersihan dan kelengkapan fasilitas di kapal dan pelabuhan ASDP. Melalui program “Jadikan ASDP yang Terbaik”, pengguna jasa dapat membantu dengan menyampaikan saran, keluhan dan apresiasi melalui call center, media sosial ASDP191, SMS, email, dan website www.indonesiaferry.co.id.

Ia menegaskan, pelayanan menjadi ujung tombak dalam pengembangan bisnis. “Kepuasan konsumen pada suatu perusahaan sangat penting karena dapat menimbulkan kepercayaan terhadap konsumen atau masyarakat. Semakin baik pelayanan dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada penumpang, maka akan semakin tinggi kepercayaan terhadap PT ASDP,” kata Christine lagi.

Source Menumbuhkan Kembali Nasionalisme Kemaritiman Generasi Muda

Leave A Reply

Your email address will not be published.