Menuju Indonesia Bersih, PLN Ajak Masyarakat Peduli Sampah dan Lingkungan

17

Jakarta, 22 Februari 2016  –  “Indonesia Bersih, Impian kita semua” berangkat dari impian untuk memiliki lingkungan yang bersih dan sebagai bentuk kepedulian PT PLN (Persero) akan lingkungan, melalui Bank Sampah binaan PLN di Jakarta melakukan aksi kampanye peduli sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Jalan Teluk Betung Area Car Free Day (CFD) Bundaran Hotel Indonesia (21/2).

Sejak 2011, secara keseluruhan Bank Sampah Binaan Social Responsibility (CSR) PT PLN (Persero) di berbagai kota telah berhasil mengelola sampah sekitar 3500 kilogram per hari dengan jumlah nasabah lebih dari 28 ribu orang. Dalam perayaan HPSN diJakarta, Bank Sampah binaan PLN beserta relawan peduli lingkungan lain mengajak masyarakat untuk melakukan aksi peduli lingkungan melalui sejumlah kegiatan diantaranya pungut sampah menggunakan sepeda gerobak yang keseluruhan materialnya terbuat dari barang-barang bekas.

Selain itu, perayaan HPSN diisi dengan pertunjukkan parade Reog Daur Ulang. Reog yang dipertunjukkan dalam acara ini berbahan dasar dari bahan-bahan daur ulang seperti botol dan plastik.Acara juga diisi bazaar kerajinan tangan berbahan daur ulang, seperti robot-robot daur ulang, kerajinan tas, mosaik dari sampah daur ulang, dan lainnya. Pada kesempatan ini CSR PLN membagikan sebanyak 2016 buah suvenir berupa bros, gelang, dan aksesoris lainnya yang berbahan daur ulang kepada para peserta CFD. Selain di Jakarta, Bank Sampah Binaan PLN di Malang turut berpartisipasi pada aksi serupa yang diadakan pemerintah Kota Malang pada HPSN. Di Surabaya, Bank Sampah Bina Mandiri Surabaya membuat komitmen untuk mendampingi pembinaan pengelolaan sampah di 30 sekolah di Surabaya.

Plt. Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN (Persero), Agung Murdifi menjelaskan bahwa partisipasi PLN dalam acara ini merupakan salah satu wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan khususnya tentang pengelolaan sampah, lebih lanjut sebagai wujud aksi dukungan terhadap program Indonesia Bebas Sampah 2020. Diharapkan melalui acara ini masyarakat termasuk seluruh stakeholder PLN dan juga pegawai PLN lebih peduli terhadap metode pengelolaan sampah yang baik dan benar. Hari peduli sampah oleh Pemerintah juga dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya prinsip 3R (reduce, reusedan recycle) dalam pengelolaan sampah.

Kontak :
Agung Murdifi
Plt. Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. [email protected]

Source Menuju Indonesia Bersih, PLN Ajak Masyarakat Peduli Sampah dan Lingkungan

Leave A Reply

Your email address will not be published.