Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Pimpin Rapat Koordinasi Perkembangan Pesawat N219

14

Bandung, 20 Januari 2015

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir memimpin rapat perkembangan pesawat N219 bertempat di Gedung Pusat Management (GPM) Lantai 9 PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PT DI). Rapat tersebut dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Perindustrian, Perhubungan, Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, BUMN, Kepala LAPAN dan Direktur Utama PT DI. Seperti diketahui bahwa pesawat N219 merupakan produk yang dirancang sepenuhnya oleh putera-puteri Indonesia. Pesawat turboprop dengan kapasitas 19 orang penumpang ini mulai dirancang sejak tahun 2007 lalu.

Pada Agustus 2014 pemotongan pertama (first cutting) salah satu komponen pesawat N219 di Machining – Direktorat Produksi PT DI menandai masuknya N219 pada tahap produksi. N219 yang mengaplikasikan teknologi elektronik dan avionik terbaru diperhitungkan akan menjadi salah satu pesawat yang diperhitungkan di kelasnya. Pesawat ini direncanakan akan roll-out pada tahun 2015 ini dan menjalani uji terbang pada 2016 serta masuk pasar pada tahun 2017 mendatang.

N219 adalah pesawat angkut ringan yang cocok di berbagai medan. Keunggulan pesawat N219 antara lain dapat lepas landas dalam jarak yang pendek, mudah dioperasikan di daerah terpencil, bisa self starting tanpa bantuan ground support unit, bisa beroperasi dengan ground support equipment yang minimum, serta bisa beroperasi dan dirawat dengan biaya yang rendah dan harga yang bersaing.

N219 adalah pesawat masa mendatang yang multi fungsi karena dapat digunakan untuk mengangkut personil, barang, dan atau untuk keduanya. N219 adalah hasil karya putera-puteri bangsa yang mampu menjawab kebutuhan dunia di kelasnya. Ini adalah salah satu bukti karya anak bangsa dalam penguasaan teknologi canggih teknologi dirgantara.

Source Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Pimpin Rapat Koordinasi Perkembangan Pesawat N219

Leave A Reply

Your email address will not be published.