Menteri Perhubungan Tinjau Kesiapan Operasional Jasa Marga di GT Cikarang Utama Jelang Libur Hari Raya Idul Fitri 2017

22

PRESS RELEASE

PT JASA MARGA (Persero) Tbk.

Nomor: 13/2017 Tanggal 24 Februari 2017

CIKARANG (24/02) Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas jelang libur Hari Raya Idul Fitri 2017, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau persiapan operasional Jasa Marga dalam menghadapi kepadatan tersebut khususnya di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Peninjauan GT Cikarang Utama dilakukan untuk memastikan persiapan arus mudik Lebaran yang dilakukan Jasa Marga agar pada tahun ini dapat berjalan lancar.

Ia mengatakan Pemerintah sangat memperhatikan kepadatan arus Lebaran khususnya di GT Cikarang Utama. Untuk itu, Pemerintah berharap Jasa Marga sebagai operator jalan tol dapat lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan.

“Khususnya di gerbang tol pembayaran, bagaimana pelayanan dan sistem pembayaran dipercepat sehingga tidak terjadi hambatan dan penumpukan antrian kendaraan. Antrian ini yang memicu penumpukan volume kendaraan yang kami harapkan tidak terjadi di tahun ini,” ujarnya.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menyambut baik kunjungan Menteri Perhubungan karena hal ini sejalan dengan upaya Perseroan untuk meningkatkan pelayanan operasional agar pengguna jalan dapat terlayani dengan baik, khususnya pada saat arus mudik Lebaran.

Dalam kunjungan ini, ia memaparkan sejumlah persiapan yang tengah dilakukan Perseroan guna mendukung kelancaran arus mudik saat Lebaran khususnya di GT Cikarang Utama.

GT Cikarang Utama menjadi gerbang tol utama karena menjadi pintu keluar arus mudik tujuan Jawa Barat dan seterusnya. Menghadapi tingginya kepadatan saat mudik Lebaran khususnya di GT Cikarang Utama Jasa Marga menyiapkan perbaikan dan layanan sebagai berikut :

1. Pelayanan Transaksi

Menambah jumlah Petugas Pengumpul Tol di GT Cikarang Utama, yaitu dengan melaksanakan Transaksi Jemput Kendaraan (JKR) pada saat terjadi antrian panjang di gerbang
Mempersiapkan kebutuhan uang kembalian dan KTME serta peralatan kelengkapan transaksi;
Mengoperasikan gardu reversible di GT Cikarang Utama;
Dalam kondisi darurat untuk meningkatan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dilakukan optimalisasi kapasitas GTO yaitu dengan mekanisme transaksi non tunai pada GTO menjadi transaksi tunai atau tapping e-Toll yang dilakukan petugas Pengumpul Tol;
Pembayaran tol elektronik multibank (e-Toll).

2. Mengoperasikan Parking Bay di Tol Jakarta-Cikampek Km 18+000A dan Km 41+000A untuk mengantisipasi penumpukan antrian kendaraan di Tempat Peristirahatan dan Pelayanan (TI/TIP).

3. Pelayanan Informasi

Dalam hal informasi, Jasa Marga terus melakukan update kondisi lalin terkini di jalan tol :

Melalui aplikasi mobile/push notification message JMCARe untuk memberikan informasi situasi jalan tol secara real time
Melalui VMS (Variable Message Sign)
Melalui VMS Mobile yang akan ditempatkan di lokasi strategis
Pemberian informasi melalui program radio siaran niaga
Media sosial melalui twitter @PTJASAMARGA;
Akses CCTV melalui mobile phone http://m.jasamargalive.com;
Bagi pengguna jalan tol yang ingin mengetahui tentang kondisi lalu lintas di jalan tol, dapat menghubungi Call Center Jasa Marga di Nomor 14080.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:

Dwimawan Heru

AVP Corporate Communication

PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta 13550
Telp. 021 8413526 – 8413630

Fax. 021 87793976

Email. [email protected]

Source Menteri Perhubungan Tinjau Kesiapan Operasional Jasa Marga di GT Cikarang Utama Jelang Libur Hari Raya Idul Fitri 2017

Leave A Reply

Your email address will not be published.