Menpan Sarankan Semua Pelabuhan Ikuti Sistem Pelindo III

33

28 Oktober 2015

Surabaya – Inspeksi mendadak di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara, pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dilakukan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi pada Rabu (28/10/2015) siang. Menpan menegaskan bahwa tahun 2015 ini dalam konteks reformasi birokrasi dicanangkan oleh presiden Jokowi sebagai tahun pelayanan publik. Presiden Jokowi sudah menginstruksikan kepada seluruh instansi pemerintah dan aparatur pemerintah yang bekerja didalamnya untuk meningkatkan dan memperbaiki segala macam bentuk pelayanan publik.

Termasuk juga pelayanan-pelayanan di pelabuhan sebagaimana yang dikelola oleh Pelindo III Persero. Dalam sidaknya politikus yang pernah menjabat sebagai anggota DPR RI pada periode 2009-2014 dari partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini memberikan apresiasi khusus. Lantaran terminal penumpang yang dikelola oleh Pelindo III di Tanjung Perak Surabaya ini memiliki pelayanan dan fasilitas yang tidak kalah dengan bandara-bandara berkelas internasional.

Menpan berharap ide dan kreatifitas yang dilakukan Pelindo III ini dapat ditiru dan diaplikasikan oleh Pelindo-Pelindo lain sehingga lebih memberikan kepuasan kepada masyarakat. Selain itu Indonesia yang merupakan negara bahari dan maritim sudah sewajarnya jika pelabuhan dan terminal penumpangnya, bisa dibangun dengan fasilitas yang baik. Untuk menunjukkan kebesaran negara Indonesia sebagai negara maritim. “Ini bisa dikatakan merupakan inspeksi mendadak. Buat saya ini suatu yang mengejutkan karena ada pelabuhan penumpang yang dikelola Pelindo III di Tanjung Perak yang pelayanan dan fasilitasnya tidak kalah dengan bandara berkelas internasional,” terang Yuddy Chrisnandi, Menpan RB.

Direktur utama PT Pelindo III, Djarwo Surjanto menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pembenahan dan peningkatan pelayananan kepada masyarakat. Pasalnya wilayah operasional PT Pelindo III tidak hanya fokus di Tanjung Perak saja. Pihaknya juga berencana untuk mulai membangun terminal penumpang di pelabuhan kecil kawasan timur seperti di kawasan Kalabahi Alor, NTT, Waingapu Sumba Timur, NTT dan Bima, NTB.

Lebih lanjut Djarwo menambahkan di kawasan timur Indonesia yang merupakan wilayah operasional PT Pelindo III. Secara keseluruhan bakal dibangun 11 terminal penumpang dan akan dimulai pada awal tahun 2016. Meskipun tidak sebesar pelabuhan Gapura Surya Nusantara namun fasilitas dan infrastruktur pelabuhan Gapura Surya Nusantara akan diimplementasikan di pelabuhan-pelabuhan yang sudah masuk dalam perencanaan tersebut.

Source Menpan Sarankan Semua Pelabuhan Ikuti Sistem Pelindo III

Leave A Reply

Your email address will not be published.