Menpan-RB Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Pelindo III

16

05 April 2016

Surabaya – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi memberikan apresiasi atas karya inovasi publik yang dikembangkan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III.  Kedua karya inovasi tersebut adalah Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, serta Sistem Polder dan Drainase di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Direktur Keuangan Pelindo III U. Saefudin Noer mengatakan kedua karya inovasi tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Pelindo III dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

“Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara kalau kita perhatikan sudah seperti terminal penumpang yang ada di bandara. Ada pendingin udaranya, tempat pelaporan tiket dan bagasi, jembatan penghubung terminal dengan kapal (fasilitas garbarata). Ini memberikan kenyamanan bagi para calon penumpang kapal laut,” jelas Saefudin di Kantor Pusat Pelindo III, Surabaya, Selasa (5/4).

Untuk karya inovasi Sistem Polder dan Drainase yang berhasil mengatasi air limpasan saat laut pasang (rob), Saefudin mengungkapkan dengan adanya inovasi tersebut Pelabuhan Tanjung Emas sudah terbebas dari genangan air rob dan banjir. Sebelum adanya Sistem Polder, Pelabuhan Tanjung Emas merupakan kawasan langganan genangan rob karena posisi permukaan tanahnya berada di bawah permukaan air laut. Hal itu terjadi akibat terjadinya penurunan permukaan tanah di wilayah Semarang Utara.

Penurunan permukaan tanah yang terjadi di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas berkisar antara 5-8 cm setiap tahunnya. Alhasil, sewaktu-waktu air laut dapat meluap ke dermaga dan daratan yang mengakibatkan genangan dan banjir di kawasan pelabuhan. Akibatnya operasional pelabuhan sering terganggu bahkan tak jarang berhenti beroperasi.

“Sebelum adanya Sistem Polder dan Drainase sering dijumpai para calon penumpang kapal laut harus berjuang menembus genangan air untuk sampai ke terminal penumpang. Sesampainya di sana, terminal penumpang juga tergenang oleh air laut. Tapi sekarang hal itu sudah tidak terjadi lagi,” tambahnya.

Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara serta Sistem Polder dan Drainase menjadi bagian dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. Khusus kategori BUMN, Kementerian PAN dan RB menetapkan 5 karya inovasi terbaik BUMN yakni Inovasi Pelayanan Prima Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali (PT Angkasa Pura I), Transformasi Pelabuhan Pontianak melalui Pembenahan Terminal Peti Kemas (Pelindo II).

Selanjutnya, Implementasi Sistem Polder dan Drainase untuk Mengurangi Banjir Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Pelindo III), Gapura Surya Nusantara: Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional (Pelindo III), Aplikasi Info PLN Berbasis Sistem Operasi Perangkat Bergerak Android dan iOS, Akses Informasi dan Pelayanan Pelanggan Kelistrikan PT PLN (Persero) Secara Gratis Menggunakan Ponsel Pintar untuk Masyarakat di Seluruh Indonesia (PT PLN).

Source Menpan-RB Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Pelindo III

Leave A Reply

Your email address will not be published.