Menko Perekonomian Tinjau The Mandalika

27

2 Maret 2017

11 Februari lalu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution(NTB) meninjau progres pembangunan KEK Pariwisata Mandalika sekaligus menyaksikan kesiapan pelimpahan wewenang dan perizinan KEK Pariwisata Mandalika kepada Administrator KEK Pariwisata Mandalika.

Pelimpahan kewenangan dan perizinan kepada Administrator KEK ini akan memberikan kemudahan bagi investor dalam pengurusan berbagai izin, karena cukup dilakukan melalui satu pintu. Kemudahan ini diharapkan akan meningkatkan daya tarik investasi di the Mandalikasehingga akselerasi pembangunan the Mandalika dapat dipercepat.

Dalam sambutannya, Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, “Dengan pelimpahan wewenang dan perijinan kepada Administrator KEK, maka persyaratan bagi beroperasinya KEK telah siap. Seluruh proses perijinan investasi dan pembangunan di KEK Pariwisata Mandalika dapat dilakukan lebih cepat dan terpadu. Hal itu tentunya memberikan kemudahan bagi investor, sehingga berdampak positif terhadap upaya percepatan pembangunan kawasan Mandalika.”

Administrator KEK akan memproses 1 izin prinsip dan 6 izin usaha dari Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan menangani 68 izin dari Gubernur NTB dan 46 izin dari Bupati Lombok Tengah.

Untuk mempersiapkan pelimpahan kewenangan perijinan dan investasi tersebut, sedang dibangun kantor Administrator KEK di dalam kawasan yang ditargetkan akan siap digunakan pada akhir 2017. Sementara untuk meningkatkan kapasitas pelayanan SDM dalam pelayanan administrasi investasi, BKPM juga telah melatih sekitar 30 orang aparatur DPMPTSP Prov NTB dan Kab Lombok Tengah.

“Administrator KEK yang profesional dalam melayani berbagai kebutuhan dan perijinan bagi investor, tentunya akan menjadi daya tarik dalam memudahkan investor yang berminat melakukan investasi di kawasan ini. Apalagi Pemerintah membuka berbagai kemudahan dan fasilitas, memberikan insentif, dan mendukung dengan penyediaan jaring sarana dan prasarana,” papar Menko Perekonomian.

Fasilitas dan kemudahan yang disiapkan bagi investor antara lain Fasilitas PPh Badan, Pembebasan PPh Pasal 22 Impor, fasilitas PPN dan PPnBM, fasilitas Bea Masuk dan Cukai, fasilitas Kegiatan Utama Pariwisata, fasilitas Lalu Lintas Barang, fasilitas Ketenagakerjaan, fasilitas Keimigrasian, Fasilitas Pertanahan, fasilitas Perizinan dan Non Perizinan.

Dengan segera beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika, Pemerintah mengharapkan agar masyarakat, terutama generasi muda dapat segera mengambil dan membangun manfaat dari aktifitas ekonomi yang tercipta. KEK Pariwisata Mandalika harus segera menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi wilayah dan perwujudan daya saing di wilayah ini dan Indonesia secara keseluruhan

Menko Perekonomian Darmin Nasution juga menyampaikan bahwa keunggulan lain KEK Mandalika adalah diterapkannya green infrastructure yaitu dengan menyediakan suplai air bersih dan air minum bagi resort dengan proses desalinasi air laut menggunakan teknologi sea water reverse osmosis atau SWRO. Demikian pula dengan suplai tenaga listrik yang dirancang melalui pembangkitan energi surya.   “Hal ini akan menambah daya tarik bagi investor kelas dunia menanamkan modalnya di KEK Pariwisata Mandalika dan apabila semua itu terwujud, maka the Mandalika dapat menjadi percontohan bagi pengembangan kawasan sejenis lain di Indonesia,” kata Menko Perekonomian.

Source Menko Perekonomian Tinjau The Mandalika

Leave A Reply

Your email address will not be published.