Menjadi Pembicara UMY Business Summit, Direktur Keuangan Sampaikan Upaya RNI Menghadapi Era 4.0

14

Rabu, 1 Mei 2019 – 4:07pm | YOGYAKARTA – Direktur Keuangan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) M. Yana Aditya menjadi pembicara dalam UMY Business Summit di Gedung Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu, 27 April 2019. Dalam forum yang mengangkat tema “Business, Strategy and Innovation in Disruptive Era 4.0” tersebut Yana Aditya menyampaikan paparan mengenai RNI Menghadapi Era 4.0.

Di awal paparannya, Yana menyampaikan mengenai portfolio bisnis RNI yang saat ini eksis dengan 4 pilar bisnisnya, yaitu agroindustri, farmasi dan alat kesehatan, perdagangan dan distribusi, dan properti. Ia kemudian menyampaikan berbagai tantangan yang dihadapi RNI, dimana salah satunya adalah semakin berkurangnya stok bahan baku tebu untuk memenuhi kapasitas giling Pabrik Gula.

Ia menjelaskan, bahwa disruption telah masuk dan terjadi di berbagai bidang, sehingga apabila perusahaan tidak segera melakukan perubahan akan tergilas dan hilang seperti banyak perusahaan lainnya yang dahulu pernah begitu berjaya. Untuk itu, ia mengatakan, bahwa saat ini RNI tengah gencar menerapkan industri berbasis 4.0 di setiap lini bisnisnya.

Penerapan industri 4.0 dalam bidang industri gula misalnya, dapat diimplementasikan melalui budidaya tebu dengan sistem integrasi dari hulu ke hilir dengan didukung pemanfaatan Internet of Thing (IOT) dan Artificial Intelligence. Di sisi on farm, dengan penerapan system informasi kebun dimulai dari perencanaan hingga crosscek hasil pekerjaan dan biaya, lalu penerapan drone farming dan harvest management dengan GPS Tracking dan RFDI guna memonitor distribusi panen dan pasokan bahan baku. Di sisi Off Farm, dapat dilakukan dengan pengendalian pabrik menggunakan sensor input dan output. Selain itu yang tidak kalah penting adalah pemanfaatan Kartu Tani Tebu sebagai sistem informasi untuk petani agar memudahkan pengelolaan kebun dan panen serta bagi hasil.

Adapun implementasi 4.0 di sektor perdagangan RNI, Yana menjelaskan, hal tersebut terwujud melalui pemanfatan e-commerce nushinushi.id, mengingat saat ini industri e-commerce masuk kedalam kategori sunrise insuatry.

Lebih lanjut, Yana menjelaskan, selain pembenahan internal, RNI juga terus berupaya menjadi agent of change yang membawa perubahan positif di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya tewujud melalui partisipasi RNI dalam Mitra Bumdes Nusantara (MBN) yang bertujuan untuk mewujudkan desa mandiri melalui korporatisasi petani dan BUMDes.

Seminar yang berlangsung dalam dua sesi, pagi dan siang tersebut juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab. Turut hadir sebagai pembicara dalam kesempatan tersebut Heppy Trenggona dari Indonesia Islamic Business Forum (IIBF), Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Santoso, dan CEO ESRI Indonesia Digantara Tarmizi.

Source Menjadi Pembicara UMY Business Summit, Direktur Keuangan Sampaikan Upaya RNI Menghadapi Era 4.0

Leave A Reply

Your email address will not be published.