Menhub Siapkan Mudik Lebaran Gratis Dengan Kapal Perintis Tol Laut

61

24 Februari 2018 — Kementerian Perhubungan berencana akan menyelenggarakan mudik gratis pada puncak arus mudik perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini. Rencana tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan pengerjaan kapal perintis tol laut di galangan kapal PT Stadefast Marine di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (23/2/2018) sore. “Mulai minggu depan kita akan kampanyekan mudik gratis menggunakan kapal,” ujar Budi Karya Sumadi. Budi menambahkan, pemerintah menginginkan mudik pada tahun 2018 ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Kapal perintis khususnya yang digunakan untuk mengangkut penumpang akan ditempatkan di Jakarta, Semarang, dan Surabaya dengan rute ke sejumlah tujuan. “Kita selalu dikatakan bangsa maritim, tetapi minatnya belum maksimal. Oleh karena itu nanti saya akan menugaskan Ditjen Perhubungan Laut untuk mengkampanyekan ini supaya masyarakat senang. Kapalnya baru-baru dan digunakan untuk mudik Lebaran,” katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, Budi mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan moda transportasi laut terutama yang berada di Jakarta, Semarang dan Surabaya bisa menggunakan kapal perintis untuk mudik gratis, berikut kendaraan bermotor yang digunakan. Budi menargetkan kapal perintis tol laut yang saat ini dikerjakan di galangan milik PT Stadefast Marine Pontianak rampung pada bulan April 2018. Saat ini, Kementerian Perhubungan sedang membangun sebanyak 70 unit kapal yang dikerjakan diberbagai tempat di seluruh Indonesia, salah satunya di Pontianak. Dari jumlah tersebut, 50 kapal digunakan untuk mengangkut penumpanG, 15 unit digunakan untuk kontainer, sedangkan sisanya untuk fungsi yang lain.
Source Menhub Siapkan Mudik Lebaran Gratis Dengan Kapal Perintis Tol Laut

Leave A Reply

Your email address will not be published.