Mengontrol Tekanan yang Muncul (personal power series 2)

4

Rabu, 11 Maret 2015 | Sesungguhnya, apapun yang kita lakukan di dalam kehidupan kita selalu dikendalikan oleh perasaan kita sendiri yang ingin menjauhi penderitaan (sakit) dan memperoleh penghargaan (bahagia). Itu adalah hal alamiah yang sudah seharusnya disadari oleh setiap orang.

Kita akan berdiskusi di dalam artikel ini tentang dua hal tersebut. Rasa sakit dan bahagia bisa disebut sebagai motivator yang hebat untuk mengubah kita ke arah yang lebih baik dalam segala hal.

Fokuskan pada satu hal yang terjadi di dalam kehidupan Anda. Saya ambil contoh, perilaku kita pada saat bekerja. Untuk mengubah perilaku kita menjadi lebih baik, tentunya kita harus memberikan fokus padanya. Bagaimana perilaku yang sudah kita lakukan selama ini membawa dampak baik itu positif maupun negatif di dalam karir kita?

Anthony Robbins memberikan pembelajarannya melalui dua kalimat pertanyaan berikut ini:

Bagaimana dengan tidak mengubah perilaku akan membawa dampak yang lebih buruk daripada anda mengubah perilaku anda?
Bagaimana dengan mengubah perilaku akan membawa anda menuju hasil positif yang akan membahagiakan anda?

Perubahan selalu membawa “harga” yang harus kita bayar. Jika kita tidak mengubah perilaku pada saat bekerja, “harga”nya lebih “mahal” daripada kita mengubah perilaku kita. Jika kita mau mengubah perilaku kita lebih baik, apa manfaat yang kita terima baik jangka pendek maupun panjang.

Robbins mengatakan, anda harus bisa menggunakan rasa “sakit” dan bahagia untuk mengubah kehidupan anda menjadi lebih baik. Daripada membiarkan rasa “sakit” mengontrol hidup anda, bukankah lebih baik anda yang mengontrolnya.

Lima langkah yang diajarkan oleh Robbins, agar kita mampu untuk mengontrol tekanan yang muncul dan memanfaatkanya untuk perubahan yang lebih baik.

Pikirkan satu sampai empat tindakan yang anda tahu harus segera anda lakukan.

Rasa “sakit” apa yang anda asosiasikan dari tindakan tersebut yang mencegah anda untuk melakukannya.

Tuliskan secara detail.

Tuliskan penghargaan atau manfaat positif apa saja yang anda dapatkan dengan melakukan tindakan tersebut.

Dari setiap tindakan tersebut yang anda lakukan, deskripsikan di dalam sebuah paragraf, apa dampak yang anda terima jika anda terus menunda tindakan tersebut? apa yang akan anda lewatkan jika menunda tindakan itu?

Setelahnya, mulai berasosiasi dengan beberapa pertanyaan pemberdayaan diri ini. Apa saja yang akan saya dapatkan jika saya mulai melakukan tindakan tersebut? Bagaimana tindakan itu dapat meningkatkan kualitas hidup saya? Bagaimana tindakan itu menciptakan kebahagiaan, kesuksesan, kebebasan dan nilai diri?

Artikel dan beberapa pertanyaan di atas dapat anda kaitkan dengan karir dan pekerjaan anda saat ini. Gunakan “tugas” memikirkan satu sampai empat tindakan yang harus segera anda lakukan dengan karir atau pekerjaan anda.

Source Mengontrol Tekanan yang Muncul (personal power series 2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.