Mengintip Pabrik Gerbong LRT Pertama RI di Madiun

37

07 Mei 2018

Jakarta – Indonesia melalui BUMN PT INKA (Persero) memproduksi kereta light rapid transit (LRT) buatan dalam negeri pertama. Produksi kereta LRT pertama dalam negeri itu dilakukan di pabrik produksi PT INKA yang berlokasi di Madiun, Jawa Timur. Menjadi bagian dari saksi sejarah proyek ini, detikFinance pun berkesempatan mengunjungi pabrik yang dikelola oleh PT INKA (Persero) tersebut pada Senin (7/5/2018). Menurut Senior Manager Engineering PT INKA Sigit Sugiarto pembuatan gerbong LRT menggunakan workshop atau lokasi produksi yang telah ada sebelumnya di area pabrik. Sebab pada dasarnya lokasi tersebut bisa digunakan untuk tahapan apa saja.

“Kalau workshop ini multi fungsi. Ini eksisting bisa dipakai yang lain juga. Dari 22 hektar yang digunakan untuk LRT itu sekitar 5 hektar,” katanya di sela-sela kunjungan.

Untuk pembuatan gerbong LRT, workshop tersebut dibagi menjadi tiga bagian, yaitu fabrikasi, interior, dan pengujian sesuai dengan tahapannya. Pada bagian fabrikasi terlihat beberapa pekerja melakukan perakitan komponen aluminium dan pengelasan. Terlihat rangkaian tersebut telah terbentuk dalam wujud kerangka. Dalam pabrik yang didominasi warna hijau tersebut, kerangka LRT itu adalah bagian terakhir dari total delapan LRT yang akan dikirim ke Palembang nanti. Saat mengunjungi workshop bagian interior, terdapat satu trainset yang telah dicat dengan dominasi warna putih.

Para pekerja pun terlihat sibuk memasang interior berupa gantungan pegangan. Setelah dua workshop tersebut, tahapan terakhir adalah workshop finishing. Ada empat trainset yang terdapat dalam workshop tersebut. Dalam tahap ini, setiap gerbong akan disambungkan dan siap dilakukan uji statis oleh pihak INKA. Salah satu pekerja dari bagian mekanik, Prasetyanto mengatakan dalam setiap pengerjaan gerbong LRT tersebut dilakukan doa bersama terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar melancarkan setiap pekerjaan.

“Biasanya doa bersama dulu. Biar lancar,” jelasnya.

Ia pun mengaku senang bisa menjadi bagian dari pembuatan gerbong LRT pertama Indonesia.

“Bangga sekali ya karena dua sudah dikirim ke Palembang,” pungkasnya.

Source Mengintip Pabrik Gerbong LRT Pertama RI di Madiun

Leave A Reply

Your email address will not be published.