Mengenal Lebih Jauh Air Fryer

Posted by
main image
source gambar : blibli.com

Akhir – akhir ini banyak yang terbuai dengan cara memasak tanpa minyak, yaitu dengan memakai alat air fryer. Konon, alat memasak ini digadang-gadang bisa memberikan kenikmatan gurih dan renyah setara gorengan, namun mengandung kalori dan lemak yang lebih rendah.

Sampai sat ini, gorengan masih menjadi momok dari berbagai masalah kesehatan yang berbahaya seperti jantung, stroke sampai kanker. Namun apa Anda tahu apa efek positif dan negative dari alat ini ?so, simak penjelasan di bawah ini

  • Definisi Air Fryer

Dikutip dari Healthline, air fryer adalah alat dapur dengan tenaga listrik yang dapat digunakan untuk menggoreng bahan masakan dengan penggunaan minyak yang minim. Alat ini dapat digunakan untuk menggoreng daging, kentang sampai kue kering.

Walaupun sama-sama bisa menghasilkan tampilan tekstur renyah pada masakan, namun cara kerja air fryer berbeda dengan penggorengan biasanya. Air fryer bekerja dengan mengedarkan udara panas di sekitar makanan.

Selain itu, alat ini juga menghasilkan reaksi kimia yang dalam dunia kuliner dikenal dengan  efek Maillard, yaitu efek kimia yang melibatkan asam amino dan gula yang dapat menyebabkan perubahan warna dan rasa makanan. Air frey Cuma butuh satu sendok makan minyak untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang sama dengan gorengan biasa. Sehingga gorengan air fryer disebut sebagai alternative yang lebih sehat karena lebih minim lemak dan kalori.

Menggoreng makanan dengan air fryer dapat menurunkan kadar akrilamida dari gorengan yang anda konsumsi. Akrilamida adalah senyawa yang berpotensi memicu kanker ginjal, endometrium dan ovarium.

Satu studi menyebutkan bahwa kandungan akrilamida dari gorangan air fryer lebih rendah 90% dari gorengan biasa. Namun ahli juga memperingatkan bahwa senyawa berbahaya lain masih bisa terbentuk selama memasak dengan menggunakan suhu tinggi, termasuk air fryer. Beberapa senyawa tersebut adalah  aldehida, amina heterosiklik dan hidrokarbon aromatic polisiklik. Ketiga senyawa itu juga dapat meningkat  kan resiko kanker.

  • Minimalkan Konsumsi Gorengan

Mengkonsumsi gorengan dari air fryer secara umum memang lebih baik dari gorengn biasa , namun sebaiknya anda meminimalkan konsumsi gorengan baik yang dimasak secara air fryer maupun deep fried, karena keduanya dimasak dengan suhu tinggi sehingga masih memiliki resiko karsinogenik.

Namun, jika anda ingin menggunakan air fryer maka gunakanlah air fryer yang menggunakan plastic bebas BPA demi keamanan pangan.  Salah satu produk air fryer yang baik adalah mito digifry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *