Mendag: Bulog Sepakat Beli Gula Petani Dengan Harga Rp9.700/kg

34

02 Oktober 2017

Jakarta – Perum Bulog malam ini melakukan penandatangan nota kesepemahaman (MoU) dengan Asosiasi Petani Gula Indonesia di Kantor Kementerian Perdagangan. Dalam penandatanganan tersebut, turut disaksikan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartisto Lukita. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan , dengan penandatangan tersebut, Perum Bulog telah sepakat untuk membeli gula petani dengan harga Rp 9.700 per kg. Hak tersebut bertujuan untuk bisa menyerap gula petani yang selama ini tidak laku terjual. Sehingga ini juga diharapkan bisa menjaga harga gula di tingkat petani. Selain itu, dengan MoU ini juga untuk memastikan agar gula bisa dijual ke konsumen di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang sebesar Rp 12.500 per kg.

“Pak Arum Sabil (Ketua Dewan Pembina Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia), menyampaikan beberapa hal yaitu gula petani yang direalisasikan pembeliannya oleh Bulog, kita sepakati. Bulog akan membeli Rp 9.700 gula petani,” ujar Enggar saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (2/10/2017).

“Bulog memiliki buffer stok yang cukup besar, tapi secra bersamaan pabrik gula berposes produksinya sebagian adalah milik petani kerena ada sistem bumn, sedangkan sebagian milik pabrik gula,” imbuhnya
Mengenai kualitas lanjut Enggar, bukanlah tanggung jawab dari petani melainkan dari pabrik produksi gula.

Sehingga dirinya juga akan memantau dan memastikan agar standar gula yang dibeli dari petani bisa terjaga kualitasnya.

“SNI, kualitas bukan dari petani tapi dari pabrikan, sepenuhnya menjadi risiko BUMN (pabrik gula), baik biaya dan segara risikonya ada di pabrik gula. Kita tentu berkewajiban mengawasi agar yang dihasilkan pabrik guna memenuhi SNI wajib,” tandas dia.

Disisi kain lanjut Enggar, nantinya Bulog akan memungut Pajak Penghasilan (PPh) dari petani tebu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Akan tetapi jika nantinya petani meminta agar PPh tersebut dibebsakan, makan uang pungutan tersebut akan dikembalikan.

‎”Untuk PPh, Bulog sebagai wajib memungut 1,5 persen untuk yang unya NPWP, dan yang tidak ada NPWP 3 persen. Ini petani minta dibebaskan tapi itu kewenangan di Kemenkeu. Bulog memasukkan itu di account khusus. Kalau tuntutan dipenuhi akan dikembalikan, tapi kalau tidak akan disetorkan ke negara,” jelas dia.

Source Mendag: Bulog Sepakat Beli Gula Petani Dengan Harga Rp9.700/kg

Leave A Reply

Your email address will not be published.